MANAJEMEN PEMASARAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Rabu, 11 Januari 2012

MANAJEMEN PEMASARAN

16.38
Kumpulan Materi - Manajemen pemasaran merupakan proses manajemen yang dalam mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memuaskan keinginan konsumen, namun tetap dalam kondisi menguntungkan. Tujuannya adalah untuk memastikan tercapainya penjualan dengan jumlah tertentu. Dengan demikian, target keuntungan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik.

Konsep manajemen pemasaran ada dua, yaitu konsep pemasaran dan penjualan. 

Konsep pemasaran (the marketing concept) 

Konsep pemasaran merupakan manajemen yang beranggapan bahwa tugas pokok perusahaan konsumen. Dalam konsep pemasaran, volume penjualan yang menguntungkan merupakan tujuannya, tetapi laba yang diperoleh dari volume penjualan tersebut tetap berprinsip pada kepuasan konsumen. 


Konsep penjualan (the selling concept) 
  1. Konsep penjualan berbeda dengan konsep pemasaran dalam hal orientasinya. Dasar pemikiran dalam konsep penjualan adalah sebagai berikut. 
  2. Tujuan badan usaha atau perusahaan adalah mencapai volume penjualan setinggi mungkin. 
  3. Menarik konsumen untuk membeli hasil produksi dengan berbagai cara. 
  4. Memotivasi para konsumen supaya tertarik untuk membeli lagi. 


Badan usaha atau perusahaan menganut konsep penjualan, lebiih memntingkan volume penjualan daripada kepuasan konsumen. Untuk mencapai tingkat volume pnjualan daripada kepuasan konsumen. Untuk mencapai tingkat volume penjualan yang cukup tinggi, penjual kadang kala tidak segan-segan untuk menggunakan cara yang kurang jujur dalam mempengaruhi konsumen.


Ditinjau dari segi prosesnya,fungsi pemasaran ada beberapa macam, antara lain:

Pembelian (Buying)

Pembeli merupakan salah satu fungsi pemasaran yang tidak dapat diabaikan, sebab ini sangat mempengaruhi efisiensi dan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam pelakasanaan pembelian adalah macam, jenis, jumlah, waktu, tempat, dan pembelian.

Pemilih (Grading)

Pemilih berperan dalam penetapan barang. Pemilihan adalah penetapan suatu barang termasuk ke dalam suatu kelompok yang mempengaruhi ciri-ciri yang dianggap sama.

Pengangkutan (transportation)

Pengankutan merupakan sarana untuk memindahkan secara fisik dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Fungsi ini memegang peranan dalam memenuhi kelancaran arus barang dari produsen ke konsumen. Dengan tersedianya barang pengangkutan seperti kereta api, truk, kapal laut, motor, dan pesawat, mengharuskan memilih salah satu sarana yang paling tepat untuk dapat digunakan secara efisien. Pengangkutan menciptakan faedah waktu (time utility), pengangkutan adalah salah satu faktor utama dalam menetukan luasnya suatu daerah pasar bagi suatu barang.

Pembungkusan (Packing)

Pembungkusan atau penerapan mempunyai pengaruh terhadap kelancaran pengaliran barang pada suatu saluran distribusi. Pengepakan tersebut harus dapat memenuhi syarat menarik, dapat melindungi barang yang dibungkusnya, praktis untuk berbagai kebutuhan, serta tidak begitu besar pengaruhnya sebagai salah satu unsur harga pokok.

Pengundangan (Stronge)

Pengundangan adalah kegiatan mencari atau dilindungi dari kerusakan dengan menyimpannya pada suatu tempat tertentu untuk dijual atau dikonsumsikan dimasa datang pada saat unsur barang jarang diperoleh.

Pembelanjaan (Financing)

Pembelanjaan adalah kegiatan atau usaha untuk menyediakan dana serta menggunakan dana secara efisien dan efektif agar operasi dapat berjalan dengan baik.

Periklanan (Advertising)

Periklanan berarti yang dibicarakan adalah soal promosi, usaha untuk memberitahukan suatu barang dengan maksud menarik dan menimbulkan perhatian orang terhadap barang tersebut. Cepat tidaknya suatu barang berpindah banyak dipengaruhi oleh fungsi perilkanan.

Penjualan (selling)

Penjualan merupakan salah satu fungsi pemasaran yang sangat penting dan menentukan. Ada tidaknya fungsi pemasaran lainnya sangat tergantung dari pelaksanaan fungsi penjualan. Apa yang dapat dijual banyak tergantung dari keadaan pasar, yang dapat ditentukan melalui suatu penelitian.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer