MERANCANG PENELITIAN SOSIAL - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 27 Januari 2012

MERANCANG PENELITIAN SOSIAL

19.17
Kumpulan Materi - Sebalum menyusun rancangan penelitian, penelitian berawal dari minta untuk mengetahui fenomena tertentu, selanjutnya berkembang menjadi gagasan, teori, konseptualisasi, pemilihan metode yang sesuai, dan seterusnya. Hasil akhirnya, dapat melahirkan gagasan dan teori beru sehingga merupakan proses yang tiada akhir. 

Jadi, hal yang terpenting bagi peneliti, yaitu adanya minta untuk mengetahui masalah sosial atau fenomena sosial. Minat itu harus timbul dan berkembang karena rangsangan bacaan, diskusi, seminar, pengamatan, atau campuran dari semuanya. Titik tolak sesungguhnya bukan pada metode penelitian, melainkan pada kepekaan minat, serta didukung oleh akal sehat (common sense). Arena itu, dalam penelitian harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah dan tahap perlu dilaksanakan dengan kritis, cermat, dan sistematis. 

Setelah disederhanakan, langkah-langkah yang lazim dilakukan dalam pelaksanaan suatu penelitian sebagai berikut. 

  1. Merumuskan masalah penelitian dan merumuskan tujuan penelitian. 
  2. Menentukan konsep dan hipotesis serta menggali kepustakaan. Adakalanya hipotesis tidak diperlukan, misalnya pada penelitian eksploratif. 
  3. Pengambilan sampel. 
  4. Pembuatan koesioner. 
  5. Pekerjaan lapangan, termasuk memilih dan melatih pewawancara. 
  6. Pengolahan data. 
  7. Analisis data dan pelaporan. 

Setelah memahami kembali secara singkat tentang langah-langkah yang harus dilakukan dalam suatu penelitian sosial, anda diharapkan bisa merancang suatu penelitian sederaha. Topik yang diambil tetang perubahan sosial yang terjadi disekitar anda. 


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer