FENOMENA GLOBALISASI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 26 Februari 2012

FENOMENA GLOBALISASI

16.00

Fenomena globalisasi yang sedang dihadapi oleh umat manusia sejak abad ke-20 dapat ditandai oleh beberapa hal, di antaranya adalah:
  1. Arus etnis ditandai mobilitas manusia yang tinggi dalam bentuk imigran, turis, pengungsi, tenaga kerja, dan pandangan. Arus manusia ini telah melewati batas-batas teritorial negara.
  2. Arus teknologi ditandai dengan mobilitas teknologi, munculnya multinational corporation dan transnational corporation yang kegiatannya dapat menembus batas-batas negara.
  3. Arus teknologi tandai dengan mobilitas teknologi, munculnya multinational corporation dan transnational corporationa yang kegiatannya dapat menembus batas-batas negara.
  4. Arus media yang ditandai dengan makin kuatnya mobilitas modal, investasi, pembelian melalui internet, dan penyimpanan uang di bank asing.
  5. Arus ide yang ditandai dengan makin derasnya nilai baru yang masuk ke suatu internasional. Isu-isu ini merupakan isu international yang tidak hanya berlaku di suatu wilayah nasional negara.

Berdasarkan fenomena yang tampak pada globalisasi, dapat dijumpai adanya tanda-tanda yang kita rasakan di dalam kehidupan sehari-hari tentang globalisasi sebagai barikut:
  1. Meningkatkan perdagangan global.
  2. Meningkatkan aliran modal internasional, di antaranya investasi langsung luar dan negeri .
  3. Menigkatnya aliran data lintasbatas, seperti penggunaan internet, satelit komunikasi, dan telepon.
  4. Adanya desakan berbagai pihak untuk mengadili para penjahat perang di Mahkamah Kejahatan International (International Criminal Court), dan adanya gerakan untuk menyerukan keadilan internasional.
  5. Meningkatkan pertukaran budaya (cultural exchange) internasional , misalnya melalui ekspor film-film Hollywood dan Bollywood.
  6. Menyebarluaskan paham multikulturalisme dan semakin besarnya akses individu terhadap berbagai macam budaya.
  7. Meningkatkan perjalanan dan turisme lintasnegara.
  8. Berkembangnya sistem keuangan negara.
  9. Meningkatnya aktivitas perekonomian dunia yang dikuasai oleh perusahaan-perusahaan multinasional.
  10. Menigkatnya peran organisasi –organisasi international, seperti WTO, WIPO, IMF, yang berurusan dengan transaksi-transaksi internasional. 
Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Sosial, Sosiologi. Pabundu Tika. Amin. Andi Sopandi. Mita Widyastuti.

1 komentar:

Popular Posts

 
Toggle Footer