KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DALAM PENGGUNAAN KOMPUTER - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 11 Februari 2012

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DALAM PENGGUNAAN KOMPUTER

19.00



Teknologi informasi dan komunikasi merupakan teknologi tinggi yang akhir-akhir ini berkembang sangat pesat. Dengan diperkenalkannya teknologi yang baru di tempat kerja atau lingkungan rumah, aspek kesehatan dan keselamatan kerja herus dipertimbangkan dengan saksama.
 
Menggunakan Komputer dengan posisi yang benar
Penggunaan komputer secara terus-menerus dapat menyebabkan keluhan-keluhan pada beberapa anggota tubuh, misalnya “ah, otot leher saya rasanya kaku dan pegal semua” atau “mengapa mata saya kabur? Apakah saya terlalu lama di depan komputer?”.
Untuk mengurangi berbagai beban keluhan tersebut. faktor penggunaan komputer merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Dan hasil penelitian para ahli, tempat kerja harus dirancang dengan tepat. Contoh rancangan tempat kerja yang tepat adalah dengan menempelkan papan ketik dan tempat duduk pada ketinggian yang tepat. Terdapat penahan telapak tangan, badan tegak lurus, kepala sejajar dengan layar komputer, jarak antara mata dengan layar komputer tidak terlalu dekat, sudut anggukan kepala kurang lebih 300.
Selain posisi duduk, mata juga harus diperhatikan. Mata merupakan indera yang bekerja paling keras saar anda menggunakan komputer. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan mata anda sehingga keluhan mata, seperti iritasi mataatau kelelahan mata dapat dihindari. Cara-cara menjaga kesehatan mata, yaitu sebagai berikut.

  1. Istirahatkan mata anda dengan melihat pemandang yang bernuasa sejuk dan jauh ke depan secara rutin.
  2. Jagalah agar kacamata (jika anda menggunakannya), lensa kontak (jika anda menggunakannya), dan layar tampilan selalu bersih.
  3. Gunakan tambahan layar atau radiasi.


Sumber: Buku Mahir dan Terampil Berkomputer. Lia Kuswayatno.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer