PANDANGAN BEHAVIORISTIK DAN KONSTRUKTIVISTIK TENTANG TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 06 Februari 2012

PANDANGAN BEHAVIORISTIK DAN KONSTRUKTIVISTIK TENTANG TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

08.19
Pandangan Behavioristik tentang belajar:
  • Behavioristik memandang bahwa pengetahuan adalah obyektif. Pasti dan tetap, tidak berubah. Pengetahuan telah terstruktur dengan rapi.
  • Belajar adalah perolehan pengetahuan, sedangkan mengajar adalah memindahkan pengetahuan kepada orang yang belajar.
  • Si belajar diharapkan memiliki pemahaman yang sama terhadap pengetahuan yang diajarkan. Artinya aoa yang dipahami oleh pengajar itulah yang harus dipahami oleh si belajar.
 
Pandangan Behavioristik tentang tujuan pembelajaran:
  1. Tujuan pembelajaran ditentukan pada penambahan pengetahuan


Pandangan Behavioristik dan  tentang strategi pembelajaran:
  1. Penyajian isi menekankan pada keterampilan yang terisolasi dan terakumulasi fakta mengikuti urutan dan begian ke seluruhan.
  2. Pembelajaran mengikuti urutan kurikulum secara ketat.
  3. Aktifitas belajar lebih banyak didasarkan pada buku teks dan penekanan pada keterampilan.
  4. Pembeljaran dan evaluasi menekankan pada hasil.


Pandangan Behavioristik tentang evaluasi:
  1. Evaluasi menekankan pada respon pasif. Keterampilan secara terpisah dan biasanya menggunakan “paper dan pencil test”.
  2. Evaluasi yang menuntut jawaban benar menunjukkan bahwa si belajar telah menyelesaikan tugas belajar.
  3. Evaluasi belajar dipandang sebagai bagian terpisah dari kegiatan pembeljaran dan biasanya dilakukan setelah kegiatan belajar dengan penekanan pada evaluasi individu.


Pandangan Konstruktivistik tentang belajar:
  1. Konstruktivistik memandang bahwa pengetahuan adalah non objektif bersifat temporer, selalu berubah-ubah tidak menetu.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer