PEMBANGUNAN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 25 Februari 2012

PEMBANGUNAN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN

13.00

Pembangunan dalam pelaksaanya harus diatur jangan sampai mengganggu unsur-unsur lingkungan hidup. Pembangunan yang berwawasan lingkungan adalah suatu upaya sadar dan berencana menggunakan dan mengelola sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan yang berkesinambungan untuk mutu kehidupan.
Lingkungan hidup Indonesia berdasarkan pada wawasan nusantara yang mempunyai ruang lingkup meliputi ruang, tempat negara Republik Indonesia melaksanakan kedaulatan, hak berdaulat, serta yurisdiksinya. Adapun tujuan yang diharapkandari pengelola lingkungan hidup, antara lain sebagai berikut:
  1. Terwujudnya manusia Indonesia sebagai pecinta dan pembina lingkungan hidup.
  2. Terwujudnya kegiatan pembangunan nasional di indonesia yang berwawasan lingkungan tidak hanya untuk kepentingan sekarang, tetapi juga untuk era yang akan datang.
  3. Terwujudnya suatu keselarasan antara manusia Indonesia dengan lingkungan hidupnya.
  4. Terwujudnya pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia secara terkendali dan bertanggung jawab.

Pembangunan tidak bisa diartikan sebagai pembangunan secara fisik (material) saja, namun juga harus meliputi mental dan spiritual. Semuanya itu berguna sebagai suatu upaya mewujudkan suatu tatanan kehidupan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, serta merata. Pembangunan diharapkan juga dapat menjadikan manusia Indonesia yang cerdas, terampil berdisiplin tinggi, mandiri, bermoral, dan manusiawi.




Sumber: Buku Mengkaji Ilmu Geografi 2. Sugiyanto. Danang Endarto.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer