REPRODUKSI VEGETATIF SECARA ALAMIAH - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 17 Februari 2012

REPRODUKSI VEGETATIF SECARA ALAMIAH

20.12

Reproduksi vegetatif secara alamiah adalah reproduksi tanpa melibatkan alat-alat perkawinan, dan terjadi dengan sendirinya (tanpa bantuan manusia). Beberapa reproduksi vegetatif secara alamiah adalah

Umbi Lapis
Pada tumbuhan umbi bawang merah, maka akan tumbah tunas baru. Selanjutnya, tunas tersebut berkembang dan akan menghasilkan umbi bawang baru. Perkembangbiakan seperti contoh di atas merupakan perkembangbiakan dengan umbi lapis. Umbi lapis merupakan umbi di dalam tanah yang tertutup lapisan daun berdaging. Lapisan daun berdaging ini merupakan cadangan makanan. Batangnya sangat pendek dan buku-bukunya sangat rapat. Pada setiap buku tumbu daun. Oleh karena buku-bukunya sangat rapat, daunnya berimpit berlapis-lapis. Daun terluar mengering dan membentuk sisik. Daun tersebut melindungi daun disebelah dalam yang tebal dan berdaging. Di sela-sela daun (ketiak daun) terdapat mata tunas yang bila tumbuh dapat membentuk umbi lapis baru. Umbi lapis baru ini disebut siung. Tumbuhan lain yang berkembangbiak dengan umbi lapis misalnya bawang putih, bawang daun, dan bakung.

Rizom
Rizom atau rimpang adalah batang yang tumbuh mendatar di dalam tanah. Oleh karena itu, rizom mempunyai ciri yang sama dengan batang, yaitu berbuku-buku dan mempunyai tunas. Rizom seringkali membesar dan merupakan tempat menyimpan cadangan makanan. Pangkal daun tua membentuk sisik daun melingkar disekeliling buku-buku rizom. Pada buku-buku rizom terdapat kuncup yang dapat berkembang menjadi tunas. Tunas tersebut tumbuh tegak menjadi tanaman baru di atas tanah. Tanaman baru tetap bergabung dengan induknya sehingga membentuk rumpun. Sepotong kecil rizom dapat menghasilkan tanaman baru asalkan mempunyai kuncup. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan rizom atau rimpang adalah jahe, kencur, lengkuas, temulawak, kunyit, kasintu (sanseviera), dan rumput-rumputan.

Umbi Batang
Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan digunakan untuk menyimpan cadangan makanan sehingga membentuk umbi. Umbi batang bersal dari batang sehingga mempunyai mata tunas yang dapat tumbuh membentuk individu baru. Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan umbi batang adalah kentang terbentuk akan tumbuh tunas-tunas sebagian calon individu baru.

Umbi Akar
Umbi akar adalah akar tumbuhan yang digunakan untuk menyimpan cadangan makanan. Berbeda dengan umbi batang, umbi akar tidak berbuku-buku, tidak bedaun sisik, dan tidak mempunyai mata  tunas. Contoh umbi akar antara lain ketela pohon dan bengkung. Kedua dapat digunakan untuk berkembangbiak. Umbi akar yang bagaimanakah yang dapat digunakan untuk berkembangbiak. Pada pangkal umbi akar dahlia terdapat bagian batang. Tunas baru tumbuh dari bagian batang tersebut. jadi, umbi akar yang memiliki bagian batang dapat digunakan untuk berkembangbiak. Umbi akar pada singkong dan bengkuang tidak memiliki bagian batang sehingga umbi tersebut tidak dapat digunakan untuk berkembangbiak.

Geragih
Geragih adalah batang yang tumbuh mendatar di atas tanah. Pada setiap buku tersebut terdapat mata tunas yang dapat tumbuh menjadi individu baru dengan membentuk akar dan tunas. Walaupun tetap berhubungan dengan tanaman induknya, tanaman baru tidak tergantung kepada tanaman induk. Tanaman baru tersebut dapat dipisahkan dari induknya dan tumbuh menjadi individu baru. Tumbuhan yang berkembangbiak menggunakan geragih antara lain arbei, pegagan, dan rumput teki.

Tunas
Pisang dan tebu berkembangbiak dengan tunas. Tunas tersebut berasal dari tunas ketiak bagian tumbuhan di dalam tanah. Tunas tersebut tumbuh menjdai tumbuhan baru tidak jauh dari tumbuhan induknya sehingga baru tidak jauh dari tumbuhan induknya sehingga membentuk rumpun

Tunas Adventif
Lazimnya, tunas tumbuh di ujung batang atau ketiak daun. Pada beberapa jenis tumbuhan, tunas dapat tumbuh pada akar atau peti daun. Tunas yang tidak tumbuh pada ujung batang atau ketiak daun disebut tunas liar atau tunas adventif. Tunas adventif yang dipisahkan dari induknya dapat tumbuh membentuk individu baru.
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adventif pada daun adalah cocr bebek. Tunas cocor bebek tumbuh di sepanjang tepi daun. Tunas tersebut dapat membentuk daun dan akar sehingga seperti tumbuhan kecil yang menempel pada daun cocor bebek. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adventif pada akar antara lain kersen, cemara, sukun, dan kesemek. Dan sekitar pohon cemara sering dijumpai tunas cemara. Tunas tersebut merupakan tunas adventif yang tumbuh pada akar cemara.

Sumber: Buku Biologi. Sumarwan. Sumartini, Kusmayadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer