FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 10 Maret 2012

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

19.21
Sumber daya manusia mempunyai peranan yang penting bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan segala daya atau tenaga yang ada, manusia dapat menghasilkan barang-barang yang diperlukan. Sumber daya manusia yang dimiliki oleh setiap bangsa memiliki kualitas yang berbeda-beda. Sumber daya manusia yang dimiliki negara-negara berkembang mempunyai kualitas lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara berkembang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pendidikan dan latihan: gizi dan kesehatan masyarakat: kondisi lingkungan dan sosial budaya.
Pendidikan dan latihan
Pendidikan dapat menghasilkan tenaga kerja yang lebih baik kualitasnya. Hal itu dapat meningkatkan peroduktivitas kerja dari tenaga kerja yang bersangkutan. Dengan pendidikan dan latihan, dapat dihasilkan berbagai jenis tenaga ahli dan terlatih yang mampu bekerja lebih baik dengan melakukan kesalahan semaksimal mungkin. Pendidikan di negara-negara maju umumnya lebih sempurna dan beranekaragan. Hal ini disebabkan sumber daya manusianya memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Gizi dan kesehatan masyarakat
Untuk mengerjakan suatu kegiatan, manusia memerlukan gizi yang cukup sebagai sumber energi. Keadaan kesehatan masyarakat sangat memengaruhi aktivitas manusia untuk bekerja. Kondisi kesehatan yang tidak baik menyebabkan seseorang tidak dapat bekerja dengan baik. Jadi, keadaan gizi dan kesehatan masyarakat sangat memengaruhi kualitas sumber daya manusia.

Kondisi lingkungan dan sosial budaya
Faktor lain yang memengaruhi kualitas sumber daya manusia adalah kondisi hidup yang berkualitaas rendah dengan berbagai pencemaran dan semangat kerja yang rendah. Selain itu, motivasi untuk menikmati hasil kerja juga merupakan faktor penting bagi produktivitas kerja. Masyarakat yang merasa tidak menikmati hasil pekerjaan secara adil akan memengaruhi kegairahan dan aktivitas kerjanya. Hal ini jelas akan menurunkan kualitas kerja


Sumber: Buku Mengkaji Ilmu Geografi. Sugiyatno. Danang Endarto
 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer