JARINGAN TELEKOMUNIKASI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 09 Maret 2012

JARINGAN TELEKOMUNIKASI

16.55
Jika ingin berkomunikasi dengan menggunakan telepon kepada teman anda, tentu anda memerlukan alat yang dapat mengubungkan telepon anda dan telepon teman anda. Begitu pula jika anda ingin melihat siaran televisi dari Amerika atau Eropa, anda memerlukan alat untuk menangkap siaran tersebut. Alat yang dapat menghubungkan suatu alat komunikasi ke alat komunikasi lainnya disebut jaringan. Ada beberapa macam jaringan yang digunakan dalam bidang telekomunikasi, yaitu sebagai berikut.

Wireless


wireless biasanya disebut sebagai jaringan komunikasi nir kabel (tanpa kabel), yaitu jaringan komunikasi yang menggunakan gelombang radio/frakuensi tertentu yang berfungsi sebagai pengantar informasi. Jaringan komunikasi ini menggunakan alat pemancar, penguat, dan penerima gelombang yang berisi data tersebut. Wireless sering digunanakan oleh komputer untuk saling berkomunikasi ke komputer lainnya.


Modem


modem merupakan kependekan dari modulator demodulator. Modem ini berfungsi mentransfer data dari bentuk data komputer menjadi data dalam bentuk elektromagnetik. Terdapat berbagai jenis modem yang beredar di pasaran dengan kecepatan transfer yang beragam, yaitu sebagai berikut 14400 bps, 28800 bps, 56000 bps, 128000 bps, 1,54 Mbps, 4 Mbps, dan 10 Mbps.


Pemilihan modem ini sangat bergantung dengan kebutuhan anda. Oleh karenanya, pilihlah modem bergantung dengan transfer tinggi, misalnya 10 Mbps artinya dalam satu detik dapat mentrasfer sampai dengan 10 Mega karakter.


Satelit


satelit merupakan jaringan komunikasi yang berfungsi sebagai pemancar, penerima, dan penguat gelombang. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengirim datanya. Biasanya satelit ditempatkan diluar angkasa. Hampir seluruh telekomunikasi menggunakan satelit sebagai jaringan utamanya.


Wireline


wireline merupakan sebuah jaringan yang mirip dengan wireless.bedanya, wireless merupakan jaringan tanpa kabel, sedangkan wireline merupakan jaringan yang menggunakan kabel. Mungkin anda memiliki telepon di rumah yang diproduksi oleh PT Telkom. Itulah salah satu contoh penggunaan wireline.


Telepon yang menggunakan kabel (wireline), dapat juga digunanakan mengakses internet, yaitu dengan cara menghubungkan kabel telepon ke dalam pert komputer. Akan tetapi, ada juga telepon yang menggunakan jaringan wireless atau jaringan tanpa kabel, seperti Telkom Flexi.
Sumber: Buku Mahir dan Terampil Berkomputer. Lia Kuswayatmo

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer