LEMBAGA SOSIAL - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 18 Maret 2012

LEMBAGA SOSIAL

12.49
Ketika dalam perjalanan pulang sekolah, perut anda terasa lapar, apa yang akan anda lakukan? mungkin  anda akan mampir ke restoran atau anda akan menahan rasa lapar hingga sampai di rumah. Tentunya ada beberapa hal yang anda pertimbangkan jika anda makan direstoran atau makan di rumah. Misalnya, jika anda makan di restoran, anda harus membayar yang telah anda makan kepada pemilik restaran. Namun, jika anda makan di rumah, tidak perlu membayar yang telah dimakan kepada ibu anda.

Peristiwa tersebut sekilah sangat sederhana, namun jika ibu anda kaji lebih jauh, banyak hal yang dapat dipelajari. Ketika makan di restoran, berarti anda sedang berhubungan dengan sebuah makan di restoran, berarti anda sedang berhubungan dengan sebuah lembaga atau lembaga ekonomi. Oleh karena itu, anda harus mematuhi aturan-aturan yang terdapat dalam lembaga tersebut. Salah satunya adalah anda harus membayar yang telah dimakan.sementara itu, jika makan di rumah, berarti anda berhubungan dengan keluarga. Tentunya yang dipakai adalah aturan-aturan atau fungsi dan tujuan yang ada dalam lembaga keluarga. Misalnya, untuk mendapatkan kesih sayang.
 
Pada contoh peristiwa tersebut, dapatkan anda menyimpulkan pengertian lembaga sosial? Lembaga sosial dapat diartikan sebagai seperangkat aturan atau cara untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sbagai individu ataupun sebagai makhluk sosial. Istilah lembaga sosial diperkenalkan oleh Koentjaranigrat, yang merupakan terjemahan dari social institution (institusi sosial).
 
Sumber: Buku Sosiologi Memahami dan Mengkaji Masyarakat. Janu Murdiyatmoko.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer