Lingkungan yang makin kompleks
dan menantang, yang ditransformasikan oleh faktor – faktor seperti globalisasi,
pengembangan teknologi, penyebaran teknologi baru yang makin cepat, hingga
pengembangan dan penggunaan pengetahuan mewarnai bentangan abad ke – 21 ini.
faktor – faktor ini telah menimbulkan perubahan drastis dan mempengaruhi
berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak
terelakkan pula, perubahan lingkungan yang kompleks dan dinamis itu akan
mempengaruhi kemampuan organisasi, khususnya organisasi bisnis, untuk kompetisi
dan mempertahankan daya saingnya. Kemampuan ini, pada gilirannya, akan sangat
ditentukan oleh mutu sumber daya manusia atau modal insani (human capital) yang dimiliki.
Pada tingkat mikro, persaingan
bisnis yang meningkat akan mendorong perusahaan untuk memasukkan isu sumber
daya manusia ke dalam strategi pengembangan perusahaan. Perusahaan tidak hanya
perlu memiliki produktivitas tinggi, tetapi juga harus menunjukkan keunggulan
dalam kemampuan untuk menghasilkan barang dan jasa bermutu, beraneka ragam
sesuai dengan selera pelanggan, diserta dengan kemudahan dan kenyamanan serta
ketepatan waktu. Daya saing perusahaan akan sangat ditentukan oleh kompetensi
sumber daya memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan menjadi sumber
keunggulan kompetitif (competitive
advantage) yang sangat penting.
Singkatnya untuk mencapai tujuan
– tujuannya, sebuah organisasi harus memiliki individu – individu dengan
kompetensi unggul, yang tersedia pada saat dan tempat yang tepat. Ini
diwujudkan melalui aktivitas – aktivitas manajemen sumber daya manusia, yang
secara ringkas dapat dikatakan sebagai upaya pendayagunaan sumber daya manusia.
Efektivitas Implementasi strategi organisasi terutama bergantung pada manajemen
sumber daya insani yang merasakan kepuasan kerja dan bekerja secara memuaskan.
Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian dari manajemen umum yang
memusatkan perhatian pada unsur manusia dalam organisasi.
Sumber: MANAJEMEN SUMBER DAYA
MANUSIA. Edisi Kedua. Marwansyah. Penerbit Alfabeta Bandung. (Hal. 2)
0 komentar:
Posting Komentar