Dalam materi sebelumnya sudah diterangkan perbedaan antara para ahli/pakar (expert) dan pemula (novices). Dalam mendefinisikan para ahli itu, kami menunjukkan bahwa dalam banyak kasus individu yang ahli dalam isi dari bidang pelajaran tertentu, seperti matematika atau biologi, tidak selalu bisa mengerjakannya dengan baik dan efektif kepada orang lain. Mari kita bahas apa yang diperlukan untuk menjadi guru yang ahli (expert teacher).
Pengetahuan ahli (Expert Knowledge) berarti pengetahuan yang unggul
dalam isi atau materi pelajaran atau disiplin ilmu tertentu. Pengetahuan Isi pedagosis (pedagogical content knowledge) adalah
pengetahuan tentang cara mengajarkan disiplin tertentu secara efektif (Shulman,
1987). Kedua macam pengetahuan ini sangat diperlukan agar kita bisa menjadi
guru yang ahli. Guru yang ahli tahu struktur disiplin ilmu dan pengetahuan
ini member mereka kemampuan untuk menciptakan peta kognitif yang bisa dipakai
sebagai pedoman untuk memberikan tugas pelajaran dalam member pertanyaan dan
menilai jawaban murid (National Rearch Council, 1999). Menjadi guru yang ahli
di pelajari tertentu juga membutuhkan pengetahuan tentang aspek mana dari suatu
disiplin yang sulit atau mudah untuk dipelajari murid.
Dalam banyak kasus, strategi
pengajaran yang efektif untuk dilakukan untuk semua mata pelajaran. Misalnya,
guru yang baik dalam suatu mata pelajaran bisa mengajukan pertanyaan yang
memunculkan rasa ingin tahu murid, mendorong murid untuk mendalami topik dan mendapatkan
pemahaman yang lebih luas dan mendalam terhadap topik dan mendapatkan pemahaman
yang lebih luas dan mendalam topic dan member perhatian kepada variasi individu
dalam pembelajaran murid. Akan tetapi, hal lain yang dibutuhkan guru selain
strategi pengajaran umum adalah pengetahuan isi pedagosis tentang cara
mengajarkan suatu pelajaran umum adalah pengetahuan isi pedagosis tentang cara
mengajarkan suatu pelajaran tertentu secara efektif untuk masing-masing mata
pelajaran. Misalnya, membentuk klub buku yang efektif untuk membantu murid
belajar membaca membutuhkan beberapa tipe pengetahuan isi pedagosis tersendiri,
yang berbeda dengan cara untuk membantu dan mengungkapkan kesalahan konsep
murid di bidang sains.
Sumber: Psikologi Pendidikan , edisi
kedua. John W. Santrock, Universty of Texas-Dallas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar