Kumpulan Materi - Di tes kreativitas yang memerlukan keahlian psikolog dalam penafsirannya, diperlukan alat identifikasi kreativitas yang dapat digunakan oleh guru. Untuk tujuan ini telah diadaptasi oleh indonsia. Skala penilaian anak berbakat yang disusun oleh Renzuli, dkk. (1971), terdiri dari atas empat skala tiga diantaranya sesuai dengan definisi Renzuli tentang keberbakatan, yaitu ciri kemampuan intelektual umum, kreativitas dan pengikaran diri terhadap tugas (motivasi). Subskala ciri kepemimpinan tidak diadaptasi. Skala ini dimuat dalam buku pemanduan anak berbakat (Utami Munandat, 1982) dan yang dikemukakan sekarang hanya subskala untuk kreativitas yang meliputi ciri – ciri:
- Rasa ingin tahu yangluas dan mendalam
- Sering mengajukan pertanyaan yang baik.
- Memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah.
- Bebas dalam menyatakan pendapat
- Mempunyai rasa keindahan yang dalam.
- Menonjol dalam salah satu bidang seni
- Mampu melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang
- Mempunyai rasa humor yang luas
- Mempunyai daya imajinasi
- Orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah
Untuk setiap pernyataan ada lima kemungkinan jawaban
- Jarang atau tidak pernah mengamati ciri tersebut pada anak
- Kadang – kadang/pernah mengamati ciri tersebut pada anak
- Hamper selalu mengamati ciri tersebut pada anak
- Tidak tahu atau ragu – ragu mengamati ciri tersebut pada anak.
Sumber: Kreativitas & Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Prof. Dr. S. C. Utami Munandar (Hal 98 – 99).
0 komentar:
Posting Komentar