BIOMONITORING KESEHATAN MANUSIA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Rabu, 02 Oktober 2019

BIOMONITORING KESEHATAN MANUSIA

Kumpulan MateriBiomonitoring paparan genotoksi terhadap karyawan pabrik aluminium ditunjukkan adanya DNA-adducts dalam limfosit darah perifer. Diduga bahwa Carsinogen DNA-adduct merupakan biomarker untuk memonitor paparan genotoksid Palyciclic Aromatic Hidrocarbon (PAH). 

Biomonitoring Pb dan Cd pada wanita yang melahirkan, dilakukan dengan pemeriksaan air susu ibu (ASI) dan darah. Secara umum wanita yang bekerja pada pabrik pengecoran logam, kadar Pb dan Cd pada ASI dan darah tidak terjadi peningkatan. Karyawan industry petrokimia yang terpapar dengan PAH dan pemeriksaan urine ditemukan biomarker hidroksipyerene. 

Efek tri nitro tolune (TNT) pada kesehatan manusia ditandai dengan adanya Hb adducts sebagai biomarker. Dengan meningkatnya TNT-Hb darah, akan meningkat pula prevalensi penyakit mata berupa katarak. 

Biomonitoring pada manusia yang terpapar oleh toluene adalah metabolit yang terdapat pada urine yaitu orto-toludin. Masyarakat yang terpapar oleh gas SO2 secara kronis akan berakibat terjadinya toksik myocardial dystrophy dan hepatitis. 






Sumber: Mukono H. J. (2005). Toksikologi lingkungan. Surabaya: Airlangga University Press. (Hal. 106).

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer