- ASSOCIATIVE TECHNIQUES : Subjek menjawab stimulus dengan perkataan, image, atau ide – ide yang pertama kali muncul. Ex : Rorschach Inkblots, Word Association.
- CONSTRUCTION PROCEDURES : Subyek mengkontruk atau membuat suatu produk (cerita). Ex : TAT, MAPS (Make a picture strory).
- COMPLETION TAKS : melengkapi kalimat atau cerita. Ex : SSCT, Rosenzweig Picture – Frustation Strudy.
- CHOICE OR ORDERING DEVICES : Mengatur kembali gambar, mencatat referensi atau semacamnya. Ex : Szondi Test, Tomkins – Horn Picture Arrangement Test.
- EXPRESSIVE METHODS : Gambar, cara / metode dalam menyelesaikan sesuatu dievaluasi. Ex : BAUM, HTP, DAP.
Sedangkan ciri – cirinya adalah stimulus tidak terstruktur, menggunakan proses proyeksi, administrasi longgar, testee oriented, unsur subjektifitas dalam interprestasi, dan menyentuk bawah sadar artinya stimulusnya tidak terstruktur, memungkinkan subjek mempunyai alternatif pilihan jawaban yang banyak. Stimulusnya ambiguous atau kabur, memungkinkan subyek merspon stimulus tersebut sesuai dengan interprestasinya masing – masing. Stimulusnya kurang mempunyai obyektifitas relatif, memunculkan inddifferences dari masing – masing subyek. Global approach, menurut kesimpulan yang luas.
Sumber: Modul Mata Kuliah “Tes Inventori & Proyeksi Psikologi”. Hera Wahyuni S.Psi. M. Psi. Psi (Hal. 32).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar