Vsp adalah penyedia terbesar tunjangan perawatan mata di
Amerika Serikat. Perusahaan ini memiliki kontrak 20.000 perusahaan serta
memberikan perawatan mata untuk 37 juta karyawan beserta tanggungan mereka.
Kebanyakan staf VSP berlokasi di kantor pusat perusahaan, dekat Sacrameto,
California. Selain itu terdapat pula sejumlah karyawan yang bekerja di call center di Ohio dan di 25 kantor
regional di sekitar AS.
Meskipun kompetisi meningkat, VSP telah berkembang dan
berhasil dengan baik. Selama dekade lalu, misalnya, jumlah tenaga kerja
meningkat hampir tiga kali lipat, dari 868 menjadi 2. 100 karyawan. Untuk
memastikan perusahaan tersebut memenuhi kebutuhan angkatan kerja yang semakin
bertambah, VSP mengandalkan survei reguler mengeai kepuasan karyawan. Bagian
sumber daya manusia internal VSP, yang dipimpin oleh Elaine Leuchars (lihat
foto), setiap tahunnya melakukan survei terhadap setiap karyawan di perusahaan
tersebut seperempat dari jumlah staf setiap tiga bulan. Selain itu, perusahaan
tersebut menggunakan perusahaan konsultasi luar untuk melakukan survei terhadap
semua karyawan setiap dua tahun. Seluruh survef ini memberi masukan bagi
Leuchars dan tim eksekutif VSP mengel “suhu” perusahaan dan wawasan mengenai
bidang- bidang yang bisa ditingkatkan. Ketika survei menunjukkan tren negatif
dalam sebuah divisi atau departemen, dibentuklah kelompok fokus untuk
mendapatkan lebih banyak wawasan mengenai masalah tersebut dan saran perbaikan
dari karyawan. Kemudian kelompok sumber daya manusia VSP memberikan bantuan pembentukan
program – program khusus untuk mewujudkan perbaikan. Leuchers yakin bahwa
adanya survei reguler terhadap sikap karyawan menyampaikan sebuah pesan penting
untuk mereka. Perusahaan ingin mendengar apa yang mereka katakan dan menghargai
opini mereka. Perusahaan ingin mendengar apa yang mereka katakan dan menghargai
opini mereka. Selain itu, ada kenyataan bahwa perusahaan yang menggunakan
informasi ini secara aktif untuk memperbaiki lingkungan kerja telah menerima
manfaat. Dalam lima tahun terakhir, secara umum respons mengenai kepuasan
karyawan baik, sangat baik, dan luar biasa baik, meningkat dari 93 persen
menjadi 98 persen. Selama periode yang sama, perputaran karyawan tahunan telah
menurun dari 23 persen menjadi 12 persen. Selama tiga tahun beruturut – turut
ini, VSP juga berada dalam daftar “100 Perusahaan Tempat Kerja Terbaik” versi
majalah Fortune.
Sumber: Perilaku Organisasi, Organizational Behavior.
Stephen P. Robbins. Timothy A. Judge (Hal. 91 – 92).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar