Kumpulan Materi - Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran anak-anak tunadaksa adalah:
· Pelayanan medis;
· Pelayanan pendidikan; dan
· Pelayanan sosial yang pada dasarnya juga tidak dapat lepas dengan prinsip rehabilitasi dan habilitasi.
Habilitasi adalah usaha yang dilakukan seseorang agar anak menyadari bahwa mereka masih memiliki kemampuan atau potensi yang dapat dikembalikan meski kemampuan atau potensi tersebut tersebatas.
Rehabilitas adalah usaha yang dilakukan dengan berbagai macam bentuk dan cara, sedikit demi sedikit mengembalikan kemampuan yang hilang atau belum berfungsi optimal.
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru hendaknya berusaha mengembangkan kemampuan atau potensi anak seoptimal mungkin melalui berbagai cara yang dapat ditempuh.
Sumber: Smart A. (2010). Anak cacat bukan kiamat: metode pembelajaran & terapi untuk anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Katahati (Hal. 95-96).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar