Pandangan Behavioristik tentang
belajar:
- Behavioristik memandang bahwa pengetahuan adalah obyektif. Pasti dan tetap, tidak berubah. Pengetahuan telah terstruktur dengan rapi.
- Belajar adalah perolehan pengetahuan, sedangkan mengajar adalah memindahkan pengetahuan kepada orang yang belajar.
- Si belajar diharapkan memiliki pemahaman yang sama terhadap pengetahuan yang diajarkan. Artinya aoa yang dipahami oleh pengajar itulah yang harus dipahami oleh si belajar.
Pandangan Behavioristik tentang
tujuan pembelajaran:
- Tujuan pembelajaran ditentukan pada
penambahan pengetahuan
Pandangan Behavioristik dan tentang strategi pembelajaran:
- Penyajian isi menekankan pada
keterampilan yang terisolasi dan terakumulasi fakta mengikuti urutan dan begian
ke seluruhan.
- Pembelajaran mengikuti urutan
kurikulum secara ketat.
- Aktifitas belajar lebih banyak
didasarkan pada buku teks dan penekanan pada keterampilan.
- Pembeljaran dan evaluasi menekankan
pada hasil.
Pandangan Behavioristik tentang evaluasi:
- Evaluasi menekankan pada respon
pasif. Keterampilan secara terpisah dan biasanya menggunakan “paper dan pencil
test”.
- Evaluasi yang menuntut jawaban benar
menunjukkan bahwa si belajar telah menyelesaikan tugas belajar.
- Evaluasi belajar dipandang sebagai
bagian terpisah dari kegiatan pembeljaran dan biasanya dilakukan setelah
kegiatan belajar dengan penekanan pada evaluasi individu.
Pandangan Konstruktivistik tentang belajar:
- Konstruktivistik memandang bahwa
pengetahuan adalah non objektif bersifat temporer, selalu berubah-ubah tidak
menetu.
0 komentar:
Posting Komentar