Minggu, 29 Juli 2012

PSIKOLOGI PRAKTIS


Psikologi praktis sering disebut psikologi terapan yaitu psikologi yang mempelajari tingkah laku individu dalam bidang kehidupan tertentu. Tujuan psikologi praktis adalah menemukan prinsip – prinsip psikologi untuk keperluan pemecahan masalah – masalah kehidupan atau tingkah laku individu.

Sub – subdisiplin atau cabang – cabang psikologi praktis ini bermacam – macam. Berikut ini beberapa di antaranya.

Psikologi perusahaan
Pada pokoknya, psikologi perusahaan, antara lain, berusaha membantu dalam hal – hal menyeleksi buruh/pegawai dalam perusahaan, menemukan cara – cara pendidikan terbaik untuk tenaga terlatih, memperbaiki lingkungan kerja buruh/pegawai, mempertinggi produksi perusahaan, dan menyelesaikan berbagai kesulitan yang dihadapi buruh/pegawai.

Psikologi Klinis dan Bimbingan Psikologi
Ini merupakan usaha para psikologi dalam menolong orang yang menderita berbagai macam hidup.

Sistematika, pembidangan atau cabang – cabang psikologi yang diuraikan di atas tampak serbasederhana dan sangat terbatas. Jika kita membaca buku – buku lain atau jurnal – jurnal mutakhir mengenai psikologi mungkin akan kita temukan suatu daftar yang sangat panjang. Dan sesuai dengan perkembangannya, bidang – bidang spesialisasi psikologi kian bertambang dari waktu ke waktu.

Demikianlah, sistematika psikologi ini setidaknya dapat menjawab syarat yang ketiga untuk bisa disebut sebagia ilmu.




Sumber: Psikologi Umum. Drs. Alex Sobur, M. Si. (Hlm. 58 – 59).

2 komentar: