Breaking News
Loading...
Minggu, 04 Maret 2012

PERSEBARAN HUTAN DI INDONESIA

Faktor-faktor yang memengaruhi keanekaragaman tumbuh-tubuhan di Indonesia adalah banyaknya hutaan. Jenis-jenis hutan tersebut, antara lain hutan hujan tropis, hutan musim, hutan sabana. Dan hutan bakau.

Hutan hujan tropis

hutan hujan tropis pada hakikatnya adalah hutan dengan variasi flora yang sangat beragam (hutan heterogen) dengan pohon-pohonnya yang sangat lebat.

Ciri-ciri hutan tropis, antara lain sebagai berikut:

  1. pohon-pohonnya tinggi, rapat, dan berdaun lebat.
  2. Dasar hutan ditumbuhi rumput dan lumut sebagai penutup lahan.
  3. Sinar matahari tidak dapat menembus dasar hutan.
  4. Udara di sekitarnya sangat lembap.
  5. Terjadi di daerah curah hujan tinggi.

Sebaran hutan hujan tropis di Indonesia terdapat di Sumatra, Kalimantan, Jawa Barat, Sulawesi, Utara, Maluku Utara, dan Papua.

Hutan musim

hutan ini sering dinamakan hutan homogen. Hal ini dikarenakan tumbuhannya hanya terdiri atas satu jenis flora saja. Ciri-ciri hutan musim, antara lain sebagai berikut.

  1. Pohon-pohonnya lebih jarang dibandingkan hutan hujan tropis.
  2. Tinggi pohon lebih rendah dibandingkan pohon pada hutan hujan tropis.
  3. Pada musim kemarau pohon di hutan menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan.

Sebaran hutan musim di Indonesia terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hutan Sabana

hutan sabana adalah hutan yang berupa padang rumput luas diselingi oleh pohon perdu dan terdapat pada daerah yang musim kemaraunya panjang atau curah hujannya sedikit. Hutan sabana ini cocok untuk peternakan. Sebaran hutan sabana di indonesia terdapat di Nusa Tenggara dan Madura.

Hutan Bakau (Mangrove)

hutan bakau (mangrove) adalah hutan yang terdapat di daratan rendah pantai. Tumbuhan ini mempunyai akar penyangga sehingga dapat menahan dari emosi air laut. Hutan bakau mempunyai kadar garam, air, dan tanah yang tinggi, tetapi kadar oksigen pada air dan tanahnya rendah sehingga tumbuhan bakau sulir menyerap air. Daun tumbuhan bakau tebal, kaku, dan mengandung lapisan kutikula yang tebal untuk mencegah penguapan air yang berlebihan. Sebaran hutan bakau (mangrove) di Indonesia terdapat di pantai utara pulau Jawa, pantai Timur Sumatra, dan pantai Kepulauan Riau.

Sumber:  Buku Mengkaji Ilmu Geografi 2. Sugiyanto. Danang Endarto.

1 komentar:

Popular Posts

 
Toggle Footer