GLOBALISASI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 04 Mei 2012

GLOBALISASI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi dewasa ini telah mengalami perkembangan sedemikian pesat. Kemajuan  di bidang inilah yang paling cepat memunculkan terbentuknya era global yang antarnegara seakan-akan tidak ada lagi batas-batas teritorial. Globalisasi menunjukkan perubahan besar dalam masyarakat dunia. Apa yang ditunjukkan bukan sesuatu yang mengada-ada. Bukan sekadar soal kita menambah perlengkapan modern, seperti video, fashion, televisi parabola dan computer dalam cara hidup. Kita hidup di dalam dunia yang sedang mengalami transformasi yang luar biasa sehingga pengaruhnya hamper melanda stiap aspek kehidupan. Kita didorong masuk ke dalam tatanan global yang tidak sepenuhnya dipahami oleh siapa pun, namun dampaknya bias kita rasakan.

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menjadi sebuah fenomena yang selalu menarik untuk diminati. Teknologi komunikasi dan informasi merupakan perangkat teknologi yang membantu manusia dalam berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi menjadikan manusia dalam berhubungan dengan pihak lain seakan tidak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat. Kapan pun dan dimana pun manusia dengan perangkat teknologi tersebut bias menjalin hubungan, mendapatkan informasi, dan menyebarkan informasi kepada orang lain. Teknologi komunikasi informasi telah memberikan kemudahan dalam pergaulan hidup manusia. Bebrapa perangkat teknologi komunikasi informasi yang ada sekarang, misalnya:
  1. Media cetak, seperti Koran, tabloid, dan majalah.
  2. Media audio, seperti radio, tape, compact disk.
  3. Media audio visual, seperti televise, TV kabel, internet.
  4. Komputer, perangkat inframerah, telepon, handphone, LCD, kamera, laptop.

Di Negara-negara maju, orang telah akrab dengan penggunaan berbagai perangkat teknologi komunikasi dan informasi tersebut. Kemudahan yang didapatkan dari penggunaan teknologi komunikasi dan informasi sejalan dengan nilai-nilai yang berkembang di Negara-negara maju, seperti efisiensi, efektifitas, dan rasionalitas. Contohnya adalah penggunaan computer multimedia yang telah terhubung dengan jaringan internet. Dengan hanya berada di depan computer orang biasa melakukan berbagai aktivitas, seperti melakukan pembicaraan dengan orang lain, mengirimkan informasi, serta melakukan transaksi (pembelian, pembayaran, dan penjualan). Apa yang dahulu tidak terbayang bias dilakukan, sekarang ini dengan kemajuan teknologi komunikasi informasi orang dapat melakukannya.

Sumber: Pendidikan Kewarganegaraan. Budiyanto. Penerbit erlangga.

4 komentar:

  1. percuma aja gk bisa dicopy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. copy artikel ga bisa dicopy guampang banget gan.. :)
      salam dari Gudang Makalahmu.

      Hapus
    2. kalau mau copy cantumkan sumber itu lebih bijaksana.

      Hapus
  2. Terimakasih sangat membantu ^-^

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer