Pendekatan Teori
Belajar
Ahli teori belajar suatu perilaku
inteligensi adalah perilaku yang berisi proses belajar pada level fungsional
tingkat tinggi dan merupakan respon khusus terhadap tuntutan dari luar. Hal ini
berarti adanya interaksi antar individu dengan lingkungannya dimana inteligensi
dinilai dari kalayakan perilakunya dibandingkan dengan suatu kriteria luar yang
berlaku sebagai norma relatif.
Pendekatan Neurobiologis
Perilaku inteligensi menurut
pendekatan ini dapat ditelusuri dasar-dasar neuroanatomis dan proses
neurofisiologis-nya. Oleh karena itu dalam berbagai riset selalu dipentingkan
untuk melihat korelasi-korelasi inteligensi pada aspek-aspek anatomi atau
fisiologis.
Pendekatan Psikometris
Inteligensi merupakan trait
(sifat) psikologis yang berbeda-beda kadarnya bagi setiap orang namun
dikarenakan ahli psikometris pada masalah pengukuran, maka mereka lebih
mengutamakan perhatian mereka pada cara praktis untuk melakukan klasifikasi dan
prediksi berdasarkan hasil pengukuran intelegensi daripada hakikat inteligensi
itu sendiri. Sehingga pendekatan inilah yang melahirkan skala-skala yang kita
pakai sekarang ini.
Pendekatan Teori Perkembangan
Studi inteligensi dipusatkan pada
masalah perkembangan inteligensi secara kualitatif dalam kaitannya dengan
tahap-tahap perkembangan biologis individu.
Sumber:
MODUL MATA KULIAH TES INTELIGENSI DAN MINAT BAKAT. Hera Wahyuni, S.Psi, M.Psi.
Psi. Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya, Universitas
Trunojoyo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar