CONTOH KASUS DARI MATERI KRONOSISTEM - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 24 Januari 2012

CONTOH KASUS DARI MATERI KRONOSISTEM


Sup janin di cina
Kasus kanibal di China
‘Healthy Soup from China ‘

Cerita ini ditulis oleh seorang wartawan di Taiwan sehubungan dengan adanya gosip mengenai makanan penambah kekuatan dan stamina yang dibuat dari sari/kaldu janin manusia.
‘Healthy Soup’ yang dipercaya dapat mendapat stamina dan keperkasaan pria terbuat dari janin bayi manusia berumur 6 – 8 bulan dapat dibeli perporsi seharga 3000-4000 RMB(ma ta uang setempat).

Salah seorang pengusaha pemilik pabrik di daerah Tong Wan , Taiwan mengaku sebagai pengkonsumsi tetap ‘Healthy Soup’. Sebagai hasilnya, pria berusia 62 tahun menjelaskan khasiat ‘Healthy Soup’ ini mempertahankan kemampuannya untuk dapat berhub ungan seks beberapa kali dalam semalam. Penulis diajak oleh pengusaha tersebut di atas ke salah satu restoran yang menyediakan ‘Healthy Soup’ di kota Fu San – Canton dan diperkenalkan kepada juru masak restoran tersebut. Kata sandi untuk ‘Healthy Soup’ adalah BAIKUT.
Juru masak restoran menyatakan jenis makanan tersebut tidak mudah didapat karena mereka tidak tersedia ‘ready stock’. Ditambahkan pula bahwa makanan tersebut harus disajikan secara fresh, bukan frozen. Tetapi kalau berminat, mereka menyediakan ari-ari bayi (plasenta) yang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual dan juga obat awet muda.

Juru masak restoran tersebut mengatakan jika memang menginginkan Healthy Soup’, dia menganjurkan untuk datang ke sebuah desa di luar kota dimana ada sepasang suami istri yang istrinya sedang mengandung 8 bulan. Diceritakan pula bahwa si istri sebelumnya sudah pernah mengandung 2 kali, tetapi kedua anaknya lahir dengan jenis kelamin perempuan. Jika kali ini lahir perempuan lagi, maka ‘Healthy Soup’ dapat didapat dengan waktu dekat.

Cara pembuatan ‘Healthy Soup’, seperti yang diceritakan oleh jurnalis yang meliput kisah ini adalah sebagai berikut: Janin yang berumur beberapa bulan, ditambah Pachan, Tongseng, Tongkui, Keichi, Jahe, daging ayam dan Baikut, di tim selama 8 jam, setelah itu dimasak selayaknya memasak sup.

Beberapa hari kemudian seorang sumber menghubungi penulis untuk memberitahukan bahwa di Thaisan ada restoran yang sudah mempunyai stok untuk ‘Healthy Soup’. Bersama sang pengusaha, penulis dan fotografer pergi ke restoran di Thaisan untuk bertemu dengan juru masak restoran tersebut yang tanpa membuang
waktu langsung mengajak rombongan untuk tour ke dapur. Di atas papan potong tampak janin tak bernyawa itu tidak lebih besar dari seekor kucing. Sang juru masak menjelaskan bahwa janin tersebut baru berusia 5 bulan, tidak dijelaskan berapa harga belinya, yang pasti itu tergantung besar-kecil, hidup-mati janin tersebut dan sebagainya .

Kali ini, harga per porsi ‘Healthy Soup’ 3,500 RMB karena stok sedang sulit untuk didapat. Sambil mempersiapkan pesanan kami, dengan terbuka juru masak tersebut menerangkan bahwa janin yang keguguran atau di gugurkan, biasanya mati, dapat dibeli hanya dengan beberapa ratus RMB saja, sedang kalau dekat tanggal kelahiran dan masih hidup, bisa semahal 2.000 RMB. Urusan bayi itu diserahkan ke restoran dalam keadaan hidup atau mati, tidak ada yg mengetahui. Setelah selesai, ‘Healthy Soup’ disajikan panas di atas meja, penulis dan fotografer tidak bernyali untuk ikut mencicipi, setelah kunjungan di dapur, sudah kehilangan semua selera makan, maka cepat-cepat meninggalkan mereka dengan alasan tidak enak badan.

Menurut beberapa sumber, janin yang dikonsumsi semua adalah janin bayi perempuan. Apakah ini merupakan akibat kebijaksanaan pemerintah China untuk mewajibkan satu anak dalam satu keluarga yg berlaku sampai sekarang, atau hanya karena kegemaran orang akan makanan sehat sudah mencapai suatu kondisi yang sangat terkutuk.

Catatan:
Harap teruskan cerita ini kepada setiap orang demi menghindari penyebarluasan kebiasaan yang tak berperikemanusiaan tersebut. Sebagai manusia beragama dan berpikiran sehat, kita berkewajiban untuk menghentikan tindakan kanibalisme dalam bentuk dan alasan apapun.
Bangsa manusia adalah bangsa yang derajatnya paling tinggi dari mahluk apapun di bumi ini, dan tindakan tersebut adalah tindakan yang sesungguhnya bukan
berasal dari pemikiran manusia waras.
Perhatian : gambar di bawah berisi gambar-gambar yang sangat memilukan hati.
Jangan dilihat jika tidak yakin anda cukup kuat !!

Catatan: yang menjadi sorotan perilakunya adalah pemilik restoran “healthy soup” dan juru masaknya.

KRONOSISTEM

1.      Mikrosistem
Perilaku pengusaha restoran dan juru masaknya “healthy soup” menunjukkan bahwa dalam diri pelaku tidak tertanam istilah tidak berperikemanusiaan, menghargai makhluk hidup lain. Dalam persepsinya hal itu baik untuk penambah kekuatan dan stamina serta dapat membuat awet muda. Sebagai manusia yang beragama dan berfikir sehat seharusnya itu tak seharusnya dilakukan. Pelaku tidak menghiraukan nilai-nilai keagamaan yang tidak membolehkan hal tersebut. Nilai keprikemanusiaan dalam dirinya sudah tidak ada tanpa rasa bersalah pelaku memasak dan menjualnya. Orang tersebut menganggap biasa hal tersebut, terbukti bisa kuat tanpa merasa bersalah karena telah membuat sup dari daging manusia, berbeda nilai-nilai kemanusiaan yang di anut oleh penulis dan fotografer yang mengunjungi dapur pembuatan tersebut, dia merasa tidak enak ketika sudah melihatnya saja. Dia juga menghiraukan persepsi individu lain, sebab demi kepentingan kesehatan tubuh, malah mempersilahkan penulis berita dan fotografer ke tempat memasaknya untuk mengetahuinya secara langsung.
2.      Mesosistem
Walaupun stok sulit didapat tetapi tetap menyajikan hidangan tersebut dengan harga 3.500 RMB per porsi. Di lingkungan tempat tinggalnya masih bisa di dapatkan karena ada beberapa orang yang tidak menginginkan anak perempuan. Pengusaha itu mempunyai teman sebagai juru masaknya yang dapt membantu mengolah janin bayi tersebut dan mengetahui dimana tempat yang akan menghasilkan janin untuk dimasak, dengan hal tersebut semakin mempengaruhi pengusaha tersebut untuk menjalankan usahanya sebab dia masih merasa bisa melaksanakannya walaupun dengan stok yang sulit didapatkan. Warga sekitar tempat tersebut tidak ada yang komplain akan hal tersebut, sehingga pelaku makin tidak merasa berdosa. Kepuasan dari pelanggan juga sangat mempengaruhi, salah satu pengusaha pabrik di tong wan, Taiwan mengaku menjadi pengonsumsi tetap dan dia sangat puas dengan kasiatnya.
3.      ekosistem
pemerintah china yang mewajibkan satu anak saja bisa mempengaruhi beberapa orang tidak menginginkan anak perempuan sehingga mempengaruhi juga pada pengusaha dan juru masak tersebut untuk memproduksi sebab merasa masih mempunyai pelanggan dan stok walaupun sulit didapatkan. Pemerintah setempat juga belum melarang adanya kegiatan mengkonsumsi “healthy soup”, itu semakin membuat kedua produsen tersebut tetap berproduksi. Mungkin keduanya akan tetap seperti itu jika tidak aada larangan keras atas perbuatan mereka.
4.      Makrosistem
Budaya dan hukum china memang kalau dilihat terkadang sedikit kejam, pernah diberitakan di china ada anak kecil yang terlindas mobil tetapi orang-orang yang yang lewat di sekitarnya tidak adayang berani menolongnya, katanya takut malah kena hukuman. Hukum di daerah tersebut yang tidak bertindak pada kasus kanibal ini membuat pelaku terus melaksanakannya, apa lagi idiologi pelaku tentang hal tersebut sudah tidak baik, tanpa belas kasihan mereka dengan seenaknya memasak daging manusia. Nilai-nilai keagamaan di sekitarnya tidak begitu ketat buktinya ada warga yang bersiap akan menjadikannya janinnya sop bila lahir anak perempuan. Tidak ada masyarakat yang menggunjingnya, malah ada yang sudah menjadi pengkonsumsi tetapnya. Pelaku tidak mempedulikan semua kecuali bagaimana dia bisa mendapatkan janin yang sudah sulit didapat tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer