GLOBALISASI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 28 Januari 2012

GLOBALISASI

Globalisasi berasal dari kata global, artinya menyatu. Jadi, yang dimaksud globalisasi adalah proses menyatunya dunia ke dalam satu kesatuan sistem atau kaidah yang sama. Globalisasi lahir dari adanya perkembangan ilmu pengetahuan adan teknologi, khususnya transportasi dan komunikasi. akibat perkembangan tersebut, informasi menjadi demikian cepat menyebar ke berbagai pelosok bumi. Kejadian di tempat yang jauh hanya dengan beberapa jam, bahkan tiap informasinya menyebar dengan cepat. 

Teknologi satelit, telepon, dan internet membuat jarak yang sangat jauh dengan mudah dijangkau. Waktu tempuh hampir tidak ada, dan dunia seolah-olah tanpa batas penghalang. Kemajuan dalam bidang transportasi membuat orang dengan mudah bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Pergerakan ini tidak hanya membawa pengalaman dan wawasan tentang daerah yang dikunjunginya, tetapi budaya material pun dengan cepat menyebar. Televisi berbagai saluran, film layar lebar, radio, compact disc (CD), koran, majalah, dan internet menjadi alat yang sangat efektif untuk menyebarkan berbagai budaya ke seluruh dunia. 

Globalisasi merupakan keadaaan yang sulit untuk dihindarkan. Dunia menjadi demikian terbuka tanpa proteksi. Dengan globalisasi dengan akan terjadi yang disebut era pasar bebas, yaitu ketika semua negara dengan bebas memuaskan produksinya ke negara-negara lain dan setiap orang bebas mencari kerja ke negara lain. Semua itu merupakan tantangan bagi bangsa dan rakyat Indonesia karena kualitas produksi dan sumber daya manusia akan sangat menetukan, apakah dapat bersaing dengan negara-negara lain yang lebih dulu maju atau, apakah akan mejadi penonton di negara sendiri. 

AFTA (ASEAN Free Trade Area) belum efektif berlaku tahun 2003, tetapi sudah ada persaingan yang kuat dalam negara-negara ASEAN. Oleh karena itu, masuknya tenaga kerja kuar kerja ke indonesia akan dan sudah mulai terjadi. Aturan atau hukum yang berlaku akan bersifat global. Jika tidak mengikuti aturan tersebut, seluruh dunia akan memberikan sanksi. Anda mungkin masih ingat upaya Jepang memprotes melalui WTO karena Indonesia memberikan subsidi pajak kepada mobil Timor sehingga harga mobil Timor jauh lebih murah dibandingkan mobil Jepang dan negara lainnya yang takut kehilangan pasaran di Indonesia. Banjirnya produksi elektronik dan otomotif dari Korea Selatan, Cina, Taiwan, Malaysia, dan Thailand di pasar Indonesia sudah mulai dirasakan. 

Globalisasi akan banyak memberikan manfaat jika diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia yang baik. Sebaliknya, globalisasi akan mendatangkan banyak unsur negatif jika bersifat pasif dan tidak antisipatif tanpa melalui usaha yang gigih dan tekun untuk terus mengembangkan diri agar menjadi manusia modern yang siap menerima tantangan pada era global ini. Dampak modernisasi memiliki dampak positif yaitu terciptanya masyarakat yang dinamis untuk mencapai keadaan yang maju, adil, dan sejahtera. Dampat negatifnya yaitu munculnya berbagai masalah sosial diantaranya kriminalitas, kesenjangan sosial, dan konflik sosial. 

Sementara itu, menurut Astrid A. Susanto, akibat pertama yang dirasakan dari proses modernisasi adalah 

  1. Kesulitan dalam bidang agraria. 
  2. Produksi agraria masih bergantung pada individu. 
  3. Kurang adanya tenaga terlatih yang makin diperlukan khsusunya dalam jangka panjang. 
  4. Makin tinggi dan makin besarnya spesialisasi. 
  5. Adanya perpindahan atau mobilitas kerja dalam masyarakat. 
  6. Negara ikut dalam produksi dan manajemen. 
  7. Meningkatnya konsumen dalam aneka barang produksi. 

Globalisasi telah menghilangkan batas-batas antardaerah karena kemudahan dalam berkomunikasi. Arus informasi yang demikian deras telah mengikis nilai tradisi dan moral bangsa yang selama ini kita junjung tinggi, yang akhirnya kita akan kehilangan jati diri. Hal-hal yang dilihat melalui berbagai media, langsung ditiru sehingga merusak mental dan kepribadian anak bangsa. Hal ini sesuai dengan pendapat Selo Soemanrjdan bahwa perubahan budaya yang cepat dan saling menyusul mengakibatkan suasana anomie yang berkepanjangan. Suasana anime adalah suasana ketika masyarakat yang sedang mengalami perubahan budaya tidak mengetahi denga jelas nilai-nilai budaya mana yang perlu diambil. 

Gejala lain yang dapat muncul dari adanya gobalisasi adalah sebagai berikut. 
  1. Keguncangan budaya (cultural shock), yaitu guncangan jiwa atau mental seseorang atau masyarakat sebagai akibat belum adanya kesiapan menerima kebudayaan asing yang datang secara tiba-tiba. Pada tahap awal, orang atau masyarakat mungkin akan mendapatkan pengalaman baru yang menarik. Akan tetapi, pada saat ia harus terlibat di dalamnya, ia merasa tertekan, frustasi, dan tidak berdaya. Tahap inilah yang disebut cultural shock. Jika keadaan ini terus berlanjut dan dibiarkan akan mengganggu keseimbangan jiwanya dan berdampak negatif, seperti bunuh diri atau gila. Akan tetapi, jika ia dapat menyesuaikan diri, timbul penyesuaian-penyesuaian sehingga tercipta ketenangan kembali. Contohnya, seorang yang dalam budaya yang masih tradisional (pemburu misalnya), tiba-tiba diajak ke Jakarta atau ke New York tenpat keadaan alam dan kebudayaan sangat berebeda dengan cara-cara yang sangat bebeda dari tempat asalnya. 
  2. Ketimpangan budaya (cultural lag), yaitu ketimpangan salah satu unsur kebudayaan untuk menyesuaikan diri dengan unsur kebudayaan lain yang sudah berubah. Jadi, adanya kelambanan unsur kebudayaan yang satu untuk menyesuaikan diri dengan unsur kebudayaan lain yang sudah berubah. Contohnya, tidak disiplinnya sopir dalam berlalu lintas. Disatu pihak ia sudah punya uang untuk membeli mobil dan sudah terampil menyetir dengan surat izin mengemudi (SIM) yang diperolehnya. Akan tetapi, aturan lalu lintas belum dipahami dengan baik dan kesadaran bahwa jalan raya adalah milik bersama belum dihayati sehingga ia menyetir seenaknya tanpa memedulikan keselamatan orang lain sama dalam menggunakan jalan. Tingginya kecelakaan di pabrik budaya menyontek, sering kesiangan, kamar kecil (WC) yang bau dan kotor, validalisme, adalah bentuk cultural lag lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer