PENULISAN LAPORAN PENELITIAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 27 Januari 2012

PENULISAN LAPORAN PENELITIAN

Kumpulan Materi - Langkah terakhir dari pelaksanaan penelitian adalah membuat laporan penelitian. Laporan ini terdiri atar hasil peneletian yang telah disusun secara sistematis. Langkah-langkah dalam penulisan laporan harus sesuai dengan kaidah yang sudah ditetapkan. Laporan penelitian banya memberikan manfaat bagi banyak pihak, antara lain sebagai berikut.

Masyarakat umum
Laporan dibuat harus dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Untuk menekankan segi yang menarik bagi masyarakat umum , laporan dapat berupa brosur, artikel, atau laporan ringkas (summary report). Melalui informasi yang diperoleh dari penelitian, masyarakat dapat mengetahui berbagai sebab dan akibat dari fenomena sosial masyarakat. Tumbuhan penegetahuan bisa diketahui setelah hasil penelitian dipelajari dengan baik.

Sponsor penelitian
Banyak penelitian yang disponsori oleh badan atau organisasi tertentu, sehingga hasil penelitian perlu dilaporkan kepada pemberi sponsor. Pihak sponsor sudah tertentu memiliki ikatan kerja sama yang dikeluarkan dalam berbagai jenis kompetensi. Penelitian ini dapat pula menjadi proyek yang dikeluarkan pihak sponsor (penyandang dana) untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di masyarakat. Dengan adanya pihak sponsor yang turut peduli terhadap penelitian ilmiah tersebut, perkembangan ilmu pengetahuan bisa menjadi lebih baik.

Masyarakat ilmiah
Budaya yang berkembang di masyarakat adalah kebiasaan serta tradisi yang diyakini secara turun-temurun. jika ilmu pengetahuan yang berkembang sudah diwariskan sejak lama, maka menjadi hal yang umum ketika masyarakat ilmiah terwujud secara otomatis. Hal ini terjadi di negara-negara Eropa, diaman secara turun-temurun nilai-nilai ilmu pengetahuan terus berkembang secara cepat.


Masyarakat ilmiah merupakan masyarakat yang identik dengan tingkat pendidikan yang maju. Pengetahuan yang didapat melalui sekolah berkembang dan terus diyakini warga masyarakatnya melalui pendidikan yang dengan mudah diperoleh, dan bahkan menjadi kewajiban masyarakatnya.


Pemerintahan, birokrat, atau pengambilan kebijakan yang lain
Informasi yang didapat melalui penelitian akan banyak membantu masyarakat dalam menentukan suatu pilihan atau aspirasi terhadap sistem dalam suatu pemerintahan. Dengan demikian pemerintahan dapat mengeluarkan kebijakan yang dapat memberi banyak manfaat bagi masyarakat luas.


Penelitian ini juga berfungsi sebagai informasi bagi penjabat-pejabat atau semua pekerjaan yang dilakukannya. Dengan cepat, segala bentuk penyimpangan yang dilakukan penguasa atau unsur-unsur pemerintahan dapat diketahui, karena tingkat validitas penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian terhadap kerja-kerja pemerintah ini pun sanggup ditingkatkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer