SEMBER DAYA ALAM - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 14 Januari 2012

SEMBER DAYA ALAM


A.      Pengertian sumber daya alam
Sumber daya alam sesuatu yang berguna dan mempunyai nilai. Suatu yang tidak diketahui penggunaanya tidak dapat dikatakan sebagai sumber daya karena tidak mempunyai nilai. Sebaliknya, sesuatu yang meskipun ada gunanya, tetapi tersedia dalam jumlah relatif besar dibandingkan dengan permintaan juga bukan merupakan sumber daya. Sumber daya adalah konsep yang dinamis dan kemungkinan selalu terjadi perubahan dalam informasi, teknologi, dan relatif kelangkaannya dapat mempunyai akibat sesuatu menjadi bernilai. Barang yang dihasilkan sebagai hasil usaha menusia dalam mengombinasikan alam, tenaga, modal, dan teknologi dengan sumber daya tidak dapat disebut sumber daya.
                Sumberdaya mempunyai sifat yang jamak dan mempunyai dimensi jumlah, kualitas, waktu dan tempat. Sumber daya alam dibentuk atau diciptakan oleh alam menurut hukum-hukumnya tanpa adanya campur tangan perbuatan manusia secara aktif. Dengan kebudayaan yang makin maju, manusia merasa makin terlepas dari alam dan meniggalkan kesatuannya dengan alam. Alam dianggap sebagai kawan atau lawan. Alam dianggap sebagai kawan apabila dapat membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan dan dianggap sebagai lawan apabila mendatangkan bencana. Sumber alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam sekitar yang merupakan hasil bentukan alam serta dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
B.      Penggolongan sumber daya alam
1)      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable resources)
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang apabila sudah digunakan secara terus-menerus, akan habis dan musnah serta tidak dapat dihasilkan sendiri oleh manusia. Contoh sumber daya alam mineral logam, mineral bukan logam,mineral penghasil energi.
2)      Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources)
               Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang apabila digunakan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu, akan kembali seperti semula dan dapat digunakan lagi. Contohnya tanah, air, tumbuh-tumbuhan, dan hewan.
3)      Sumber daya alam yang tidak dapat diganti (nonreplaceable)
               Sumber daya alam yang tidak dapat diganti merupakan sumber daya alam yang dipakai sekali habis. Contohnya, minyak bumi.
4)      Sumber daya alam lestari
                Sumber daya ini merupakan sumber daya alam yang selalu ada dan berkelanjutan. Contohnya, sinar matahari, air huja, ombak, angin, dan air laut.
                                            I.            Berdasarkan asal proses pembentukannya, sumber daya alam dibedakan menjadi
1.       Sumber daya fisik
Sumber daya fisik merupakan sumber daya yang terbentuk oleh proses fisik dan kekuatan alam, misalnya, tanah, udara, dan barang-barang tambang.
2.       Sumber daya biotik
Sumber daya biotik merupakan sumber daya alam yang terbentuk oleh adanya proses kehidupan, seperti, tumbah dan berkembang baik, misalnya flora dan fauna.
3.       Sumber daya alam lingkungan
Sumber daya lingkungan merupakan perpaduan antara sumber daya fisik dengan sumber daya biotik yang membentuk suatu lingkungan tertentu, misalnya lingkungan pemandangan alam pegunungan, lembah, pantai, gunung berapi, dan panorama alam yang lain.
                                          II.            Berdasarkan nilai dan kegunaan, sumber daya alam dibagi mejadi
a)      Sumber daya ekonomis tinggi
Sumber daya ekonomis tinggi adalah sumber daya alam yang cara mendapatkan diperlukan biaya besar. Contohnyaa, mineral-mineral logam mulia, seperti emas dan perak.
b)      Sumber daya ekonomis rendah
Sumber daya ekonomis rendah merupakan sumber daya  yang cara mendapatkannya dengan biaya murah dan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak. Contohnya pasir, batu, dan gamping.
c)       Sumber daya nonekomnomis
Sumber daya alam nonekonomis merupakan sumber daya yang cara mendapatkannya tanpa mengelurkan biaya atau tanpa pengorbanan dan tersedia dalam jumlah tidak terbatas. Contohnya, sinar matahari, udara, temperatur, dan angin.
Sumber daya alam yang tersedia dalam jumlah, kualitas, tempat, dan waktu, tertentu disebut stock resources. Sumber daya itu ini tidak akan bertambah, tetapi akan berkurang sejumlah yang digunakan oleh menusia. Sumber daya alam yang selalu berubah jumlahnya disebut flow resources.

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer