TIPE-TIPE KOMUNITAS ORGANISME FLORA DI DUNIA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 31 Januari 2012

TIPE-TIPE KOMUNITAS ORGANISME FLORA DI DUNIA

Komunitas orgnisme di dunia dapat dibagi menjadi delapan macam yaitu hutan basah, hutan musim tropika, hutan gugur, hutan hujan iklim sedang taiga, padang rumput, tundra, dan gurun.

Hutan basah/hutan hujan tropika
Pada hutan basah terdapat banyak sekali spesies tumbuhan. Hutan basah selalu mendapat air sepanjang tahun dan keadaan alamnya memungkinkan terjadi pertumbuhan yang lama sehingga komunitas hutan sangat kompleks. Hutan ini terdapat di daerah tropis dan subtropis, seperti Indonesia, Australia bagian utara, Afrika tangah, dan Amerika Tengah. Tumbuhan khas di daerah ini adalah liana dan epifit.

Hutan Musim Tropika (tropical)
Hutan musim tropika merupakan jenis hutan yang berada pada daerah tropika (tropis) yang mempunyai iklim basah, namun musim kemaraunya panjang. Datangnya musim kemarau dicirikan dengan pohon-pohon yang merontokkan daun-daunnya. Hal tersebut berfungsi untuk mengurangi tingkat penguapannya. Hutan musim tropika banyak ditemukan di India, Pakistan, dan Bangladesh.

Hutan gugur
Hutan gugur atau deciduous forest banyak terdapat di kawasan yang mempunyai empat musim, antara lain Amerika Utara, Eropa, Cina, Jepang, dan sebagian Australia. Di hutan gugur terjadi hujan sepanjang tahun dengan curah hujan 7.500 – 10.000 mm per tahun. Ciri khas hutan gugur adalah mengugurkan daun pada musim gugur dan menghijau sepanjang musim panas. Pohon yang terdapat di lautan gugur, antara lain maple, oak, beck, dan elm.

Hutan Hujan Iklim Sedang (temperate Rainforest)
Hutan hujan iklim sedang adalah berupa hutan dengan pepohonan yang memiliki ketinggian yang sangat tinggi. Jenis tumbuhan pada hutan ini lebih sedikit dibandingkan jenis tumbuhan pada hutan hujan tropika. Hutan ini di Australia disebut dengan hutan eucalyptus, sedangkan di Amerika Serikat disebut wood forest.

Taiga
Taiga adalah hutan jarum yang tedapat di daerah tropis sampai kutub. Perbedaan suhu antara musim panas dengan musim dingin sangat tinggi. Taiga banyak terdapat di Siberis Kanada, Skandinavia, Rusia, dan Alaska. Tumbuhan yang hidup di taiga adalah tumbuhan berdaun jarum, seperti konifer, spruce, alder, birch, juniper, cemara dan pinus.

Padang Rumput
Padang rumput tumbuh di daerah tropis sampai subtropis, seperti Australia, Amerika Serikat, Amerika Utara, Asia, dan Rusia bagian selatan. Curah hujan di daerah ini berkisar 2.500-5.000 mm per tahun dan turunya tidak merata. Flora yang hidup di padang rumput adalah rumput-rumputan yang telah teradaptasi dengan kondisi lingkungan yang mempunyai porositas dan drainase rendah. Jenis rumput yang tumbuh adalah rumput kerbau (buffalo grasses) dan rumput indian (indian grasses) sehingga daerahnya cocok untuk peternakan.
Padang rumput dibedakan menjadi dua jenis yaitu
·         Stepa adalah padang rumput yang kering dan tidak di tumbuhi oleh semak-semak.
·         Sabana adalah padang rumput yang kering dan ditmbuhi semak-semak. Sabana terdapat di suatu daerah peralihan antara padang rumput dan hutan. Sabana terjadi bukan karena faktor iklim, namun akibat faktor tanah ataupun kebakaran hutan yang jadi secara berulang-ulang. Saban di Indonesia terdapat di Nusa Tenggara Timur dan Papuan bagian tenggara.

Tundra
Tundra merupakan padang lumut yang terdapat di daerah  kutub sehingga iklimnya pun iklim kutub. Musim dinginnya sangat panjang, yaitu selama sembilan bulan dan musim panasnya selama tiga bulan. Pada musim panas tumbuhan lumut sphagnum dan lichenes tumbuh subur menutupi seluruh permukaan tanah. Selama musim panas yang pendek ini, tumbuh biji salix juga tumbuh.

Gurun
Gurun terletak di  daerah tropis dan curah hujan yang sangat rendah, yaitu sekitar 25 cm per tahun dan turunnya tidak merata. Perbedaan suhu siang dan malam sangat mencolok. Tanahnya sangat gersang dan tandus sehingga tidak mampu menyimpan air. Flora yang hidup di gurun adalah tumbuhan menahun dan tumbuhan semusim yang sifatnya xerofita, yaitu tmbuhan yang telah terkondisi denga lingkungan keringa dan tandus.

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer