TIPOLOGI MADZAB ITALIA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 23 Januari 2012

TIPOLOGI MADZAB ITALIA


Teori De-Geovani: Hukum Deformasi

Pada akhir abad XIX sejumlah ahli-ahli di italia yang bekerja dalam bidang bidang penyelidikan mengenai variasi tubuh manusia mendirikan suatu madzab yang kemudian terkenal dengan mazhab atau mazhab morfologi. Tokoh utama mazhab ini ialah dengan Giovani dan Viola. Teori De-giovani menerbitkan karyanya yang berjudul morfologia del corpo umano. Dalam buku tersebut dia merumuskan hukum deformasi, yaitu berisikan penggolangan variasi tubuh menusia. Secara singkat pendapat De-Geovani adalah bahwa ada tiga macam variasi tubuh manusia:
  1. Orang dengan togok (Jawa, Inggris, Trunk) kecil cenderung untuk mempunyai bentuk tubuh yang panjang, yang mempunyai habitus phthisis.
  2. Orang denga togok besar cenderung untuk mempunyai bentuk tubuh pendek, yang mempunyai hubungan dengan habitus apoplectis.
  3. Orang-orang dengan togok normal cenderung untuk mempunyai proporsi badan yang normal.
  4. Pendapat De-Geovani ini merintis cenderung arah penyelidikan-penyelidikan yang lebih meluas dan mendalam, yang antara lain dikerjakan oleh Kretschmer.


      Tiologi Viola
Berdasarkan atas bahan-bahan penyelidikan serta teori De-Geovani tersebut. Viola dalam penyelidikan-penyelidikannya kemudian berhasil adanya tiga golongan bentuk tubuh manusia yaitu:
  1.     Microsplanchis, yaitu bentuk-bentuk tubuh yang ukuran-ukuran menegaknya daripada perbandingan biasa, sehingga tubuh kelihatan jangkung.
  2.     Macrosplanchnis, yaitu bentuk tubuh yang ukuran-ukuran mendatarnya lebih daripada perbandingan biasanya, sehingga tubuh kelihatan lebih pendek.
  3.      Normosplanchnis, yaitu bentuk tubuh yang ukuran-ukuran menegak dan mendatarnya selaras, sehingga tubuh kelihatan selaras.

Pendapat ini ternyata bnyak sekali persamaanya dengan pendapat kretschmer yang dikemukakan beberapa waktu kemudian.
Rava, seorang pendukung mazhab italia yang lebih kemudian menemukan, bahwa:
  1.   Penderita-penderita neurasthenia dan psychasthenia kebanyakan terdapat pada golongan microsplanchnis
  2.    Penderita-penderita manis-depresi kebanyakan terdapat pada golongan-golongan macrosplachnis.

Mengenai pendapat mazhab italian tentang sebab-mesabab variasi tubuh manusia. Mazhab italia berpandapat , bahwa variasi atau bermacam-ragamnya keadaan jasmani manusia itu berakar pada keturunan, jadi tergantung kepada dasar yang dibawa sejak lahir, dan dengan demikian tak dapat diubah oleh pengaruh dari luar [pada waktu bersamaan ahli-ahli italia dalam kriminologi seperti C.LOMBROSO, E, FERRI, dan yang lebih kemudian N. PENDE mempunyai pendapat yang nadanya dama dengan pandapat italia di atas, yaitu kejahatan berakar pada keturunan.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer