CARA YANG BENAR MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 27 Februari 2012

CARA YANG BENAR MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER

13.00

Bagaimanakah anda mengaktifkan dan mematikan komputer? Mengapa mengaktifkan dan mematikan komputer harus sesuai prosedur?

Jika komputer dimatikan atau dimatikan tidak sesuai prosedur, aliran listrik akan terganggu dan komputer tidak akan tahan lama. Agar hal-hal tersebut tidak terjadi, gunakanlah komputer dengan sebaik-baiknya dan ikuti prosedur yang telah dipelajari. Berikut prosedur cara menghidupkan dan mematikan komputer.

Mematikan komputer
Apakah anda pernah memperhatikan cara menyalakan radio tape untuk mendengarkan musik? Pertama-tama, anda memasang kabel listrik. Setelah tersambung. Anda menekankan tombol eject untuk memasukkan kaset. Setelah kaset terpasang. Anda tekan tombol play dan mulai mendengarkan alunan musik kesukaan anda. Hal-hal tersebut merupakan prosedur atau cara baku dalam menyalakan radio tape. Demikian halnya dengan komputer, untuk memulai pengoperasiannya ada prosedur baku yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut.
  1. Pertama-tama pastikan kabel-kabel komputer sudah terpasang dengan baik dan benar.
  2. Pasangkan kabel ke stopkontak.
  3. Tekan tombol ON pada penstabil tegangan (stabilizer), CPU, dan monitor.
  4. Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses booting yaitu suatu proses ketika komputer mendeteksi hard disk, floppy disk drive, CD-ROM, dan CPU (memory, clock, RAM, dan lain sebagainya).
  5. Setelah proses booting selesai, dilayar muncul kotak dialog untuk mengisi Username dan Password. Apabila anda menggunakan sistem operasi Windows 98, Windows NT, atau Windows XP, dan tidak akan menggunakan sistem jaringan, klik cancel pada kotak dialog Password. Proses ini dalam jaringan dikenal sebagai proses otorisasi.
  6. Setelah proses otorisasi selesai, muncul dektop. Pada tahap inilah, komputer siap digunakan dan anda dapat menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Mematikan komputer
Selain mengetahui cara yang benar untuk mengaktifkan komputer, andapun harus mengetahui cara memetikannya. Cara yang benar untuk memetikan komputer, yaitu sebagai berikut.
  1. Pastikan semua aplikasi yang telah anda gunakan sudah ditutup.
  2. Pada menu pull-down start, klik shutdown-ok (Windows 98) atau klik turn off computer-turn off (Windows XP). Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan Windows is shutting down, setelah itu, komputer akan mati dengan sendirinya.
  3. Tekan tombol OFF pada monitor dan penstabil tegangan.
  4. Prosedur-prosedur tersebut harus dilakukan secara berurutan agar komputer bisa awet bertahun-tahun.
Sumber: Buku pelajaran TIK Teknologi Informasi Komunikasi, kerja sama antara RISTEK, DEPDIKNAS, DEPKOMINFO, penulis: Siswanto dan Nanang Kuswana. 2008

1 komentar:

Popular Posts

 
Toggle Footer