DEPERSONALISASI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 04 Februari 2012

DEPERSONALISASI

Kumpulan MateriGangguan depersonalisasi adalah perasaan bahwa tubuhnya atau dirinya sendiri menjadi aneh atau tidak lagi nyata, juga dapat di artikan suatu kehilangan atau distorsi diri yang sifatnya sementara dan hanya terjadi sekali-kali. Gangguan ini ditandai dengan adanya perubahan persepsi yang terjadi secara berulang atau menetap tentang diri (self) sendiri, dimana mereka untuk sementara waktu merasakan hilangnya keyakinan bahwa mereka merupakan individu yang nyata. Pada gangguan ini memori atau daya ingat individu tidak mengalami gangguan. Individu dengan gangguan depersonalisasi dapat berpikir bahwa dirinya adalah robot, merasa bahwa dirinya sedang bermimpi atau terpisah dari tubuh mereka., merasa melihat diri mereka dari kejauhan atau menonton diri mereka sendiri. 


Karakteristik utama dari gangguan depersonalisasi adalah adanya perasaan pemisahan dan sesuatu hal menjadi tidak nyata. Proses dalam tubuh individu dan peristiwa di lingkungan sekitar sebenarnya berlangsung seperti biasa dan tidak ada perubahan berarti, namun mereka merasakan adanya perbedaan. Mereka merasakan bahwa beberapa bagian tuybuhnya berubah dan menjadi asing bagi mereka, misalnya menjadi lebih besar atau lebih kecil dari pada sebelumnya (hidungnya menjadi leih besar, tangannya menjadi lebih panjang). Selain itu, mereka juga dapat merasa bahwa sebagian tubuh mereka tidak ada dan tidak nyata.


Gangguan depersonalisasi dapat disebabkan oleh gangguan fisik, kecemasan, kelelahan, masalah psikologis seperti stres yang berat, depresi, pengalaman traumatis misalnya kecelakaan atau pelecehan seksual.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer