KROMOSOM - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 10 Februari 2012

KROMOSOM

Organisme hasil perkembangbiakan secara generatif diawali dari sebuah sel zigot. Zigot kemudian tumbuh dan berkembang hingga menjadi dewasa. Zigot kucing hampir tidak dapat dibedakan dengan zigot manusia karena bentuknya sangat mirip. Lalu, mengapa karena bentuknya sangat mirip. Lalu, mengapa zigot kucing menjadi kucing dan zigot manusia menjadi manusia. Apakah yang menyebabkan zigot tumbuh menjadi spesies yang sama dengan induknya. Jawabannya terletak pada inti sel (nukleus).

Di dalam inti sel terdapat sejumlah kromosom. Kromosom merupakan rangkaian DNA yang terangkai membentuk seperti benang. Kromosom mengandung zat kimia yang menentukan ciri-ciri turun-temurun suatu spesies, misalnya bentuk badan dan warna rambut. Jadi, kromosom menetukan bahwa zigot kucing menjadi kucing dan zigot manusia menjadi manusia.

Jumlah kromosom pada setiap jenis organisme tidak sama. Sebagai contoh, sel akar bawang merah mengandung 16 kromosom, sedangkan sel tubuh menusia mengandung 46 kromosom.

Dari 16 kromosom pada sel bawang merah, 8 kromosom berasal dari gamet jantan (sperma) dan 23 kromosom berasal dari gamet betina (telur). Sel bawang yang mengandung 16 kromosom disebut sel diploid (2n). Sel bawang yang berisi 8 kromosom disebut sel haploid (n).

Organisme hasil perkembangbiakan secara generatif diawali dari sebuah sel zigot. Selanjutnya, sel tersebut tumbuh dan berkembang menjadi jutaan sel. Perkembangan sel hingga menjadi banyak sel terjadi karena sel-sel tersebut membelah diri dari satu menjadi 2,4,8 dan seterusnya. Proses pembelahan sel dapat terjadi dengan dua cara yaitu mitosis dan miosis.
 
Sumber: Buku  Biologi. Sumarwan. Sumartini, Kusmayadi.

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer