PEMBELAHAN SEL SECARA MITOSIS - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 10 Februari 2012

PEMBELAHAN SEL SECARA MITOSIS


Pembelahan inti sel menjadi dua inti sel baru dengan jumlah dan jenis kromosom yang sama dengan sel induknya dinamakan pembelahan secara mitosis. Jadi, pada pembelahan secara mitosis, bila sel induk mengandung 16 kromosom, maka sel anak juga mengandung 16 kromosom.
Pertumbuhan organisme dari kecil hingga besar disebabkan adanya pertambahan sel-sel tubuhanya melalui pembelahan secara mitosis. Pemebelahan secara motosis berlangsung dalam beberapa fase. Pada awal pemebelahan, kromosom tampak seperti benang-benang halus yang kemudian  menjadi pendek karena mengerut. Bagian inti sel membelah lebih dahulu, diikuti pembelahan sitoplasma. Fase-fase pembelahan mitosis sebagai berikut.

  1. kromosom menjadi pendek dan tebal, masing-masing terdiri atas dua benang.
  2. kromosom bergerak ke tengah sel dan kromosom diikat oleh benang plasma yang halus.
  3. setiap kromosom terdiri atas dua kromatid.
  4. Setiap kromosom memisahkan diri menjadi dua belahan. Tiap-tiap belahan bergerak menuju ujung sel yang berlawanan. Membran inti menghilang.
  5. Kedua kelompok kromosom berkumpul pada kutub yang berlawanan. setiap kelompok membentuk sebuah inti sel. Dinding pemisah mulai tampak dan membran inti terbentuk pada tiap-tiap sel.
  6. Akhirnya, sel terbentuk membelah menjadi dua sel.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer