SEBARAN FAUNA DI PERMUKAAN BUMI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 23 Februari 2012

SEBARAN FAUNA DI PERMUKAAN BUMI

19.00

Keadaan iklim, tanah, topografi, kelembapan udara, dan ketersediaan air berpengaruh terhadap kehidupan tumbuh-tumbuhan, sedangkan kehidupan tumbuh-tubuhan memengaruhi jenis hewan atau fauna tertentu. Alfred Russel Wallace mengemukakan dipermukaan bumi ini terdapat enam kawasan persebaran fauna, yaitu kawasan Neartik, Neotropik, Australia, Oriental, Paleartik, dan Ethiopia.

Kawasan Neartik
Kawasan neartik meliputi Amerika Utara mulai dari Meksiko, Amerika Serikat, Kanada, sampai Kepulauan Greenland. Jenis fauna yang terdapat di kawsan in adalah tikus air, kambing gunung, anjing prairi, karibun, bison, rakun, dan kalkun.

Kawasan Neotropik
Kawasan Neotropik meliputi wilayah Amerika Selatan. Spersies khas yang hidup di kawasan in adalah kera ekor yang dapar memegang (prehensile), armadillo,kukang, tapir, trenggiling, dan toucan.

Kawasan Australia
Kawasan Australia meliputi Australia dan sekitarnya, seperti Tasmania, Papua Nugini, Selandia Baru, dan pulau-pulau di Lautan Pasifik. Jenis hewan yang hidup di kawasan ini adalah platypus (mamalia berparuh bebek), kanguru, wombat, dan koala. Jenis burung di kawasan ini antara lain, antara lain burung kasuari, emu, iyre, kakatua, dan cendrawasih.

Kawasan Oriental
Kawasan Oriental melliputi India dan Asia Tenggara. Pada awalnya spesies-spesies hewan di kawasan ini berasal sari India yang menyambut ke Asia Tenggara. Terjadinya gerakan lempeng tektonik menyebabkan India bergabung dengan Asia Tenggara. Hewan khas yang hidup di kawasan ini, antara lain harimau, siamang, badak , burung merak, gajah india, dan macam-macam primata primitif.

Kawasan Plaertik
Kawasan Paleartik meliputi Eropa, sebagai Asia (Himalaya, Afganistan, Iran) dan Afriak Utara. Hewan yang hidup di kawasan ini adalah sapi, domba, kambing, burung robin, dan kerbau.

Kawasan Ethiopia
Kawasan Ethiopia meliputi wilayah Benua Afrika yang secara geologis pada zaman dahulu benua ini bersatu dengan Benua Eropa. Di kawasan ini terdapat hewan, antara lain zebra, kuda nil, gorila, simpanse, zarafah, gajah afrika, dan singa.

Sumber: Buku Mengkaji Ilmu Geografi 2. Sugiyanto. Danang Endarto.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer