TREN ERA GLOBALISASI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Rabu, 29 Februari 2012

TREN ERA GLOBALISASI

Era globalisasi yang terus berlanjut di abad ke-21, pada mulanya merupakan wujud perubahan dan perkembangan sistem informasi, telekomuniasi, serta transportaasi dengan fenomena dasar, yaitu mempersingkat jarak hubungan antarnegara atau antarwilayah dalam fenomena dasar, yaitu mempersingkat jarak hubungan antarnegara atau antarwilayah dalam batas ruang dan waktu. Perkembangan demikian oleh terjadinya kemajuan-kemajuan yang cepat dan menakjubkan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Tentu saja kemajuan-kemajuan iptek tersebut dicapai adanya kemampuan ekonomi dunia melalui aliran modal tanpa batas untuk mendukungnya. Sebagaimana yang sedangkita saksikan, adanya keterkaitan antara faktor iptek dan kemampuan ekonomi ini telah menimbulkan perubahan-perubahan yang cepat dan luar biasa di seantero dunia, serta tingkat kompetisi yang tinggi, dan tidak terkecuali pada masyarakat indonesia.

Adapun beberapa tren globalisasi, dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. perubahan akseleratif, yaitu merupakan perubahan yang sangat cepat dalam segala bidang terutama yang berhubungan dengan interdependensi atau ketergantungan ekonomi, teknolog informasi, dan komunikasi di antara negara-negara di dunia.
  2. Aliran modal tanpa batas, yaitu tumbuhnya iklim investasi yang mencakup berbagai produk. Banyak perusahaan multinasional yang melakukan ekspansi ke negara-negara lain untuk mendapatkan komponen-komponen produk yang tidak lagi dari anak perusahaannya, tetapi dapat juga dari perusahaan-perusahaan lain dalam bentuk barang jadi.
  3. Ekonomi pengetahuan, yaitu bahwa globalisasi telah menjalin relasi ekonomi antarbangsa yang ditandai saling ketergantungan antara negara-negara maju dan negara berkembang dengan segala implikasi yang ditimbulkannya. Hal ini menjadi kajian ilmu pengetahuan bagi para akademis, ekonomis, perumus kebijakan baik pemerintah maupun dunia usaha.
  4. Hiperkompetisi, yaitu segala daya upaya yang dilakukan baik dari dunia usaha, dunia industri, maupun pemerintah yang selalu berkompetisi untuk memperoleh simpati dan segmen pasar yang sebanyak-banyaknya. Pemanfaatan media komunikasi dan informasi sangat gencar dalam publikasi untuk menawarkan produk-produk unggulan yang berkualitas dengan segala kelebihannya sesuai dengan tren yang ada di dalam masyarakat.
  5. Globa dan kompleks, yaitu segala hal yang terkait dengan produk transnasional memiliki saling ketergantungan yang erat sehingga memerlukan tingkat manajemen yang tinggi dan kompleks. Oleh sebab itu, globalisasi telah memberikan implikasi analisis pemikiran yang integral dan komrehensif.

1 komentar:

Popular Posts

 
Toggle Footer