TUJUAN KEBIJAKAN EKONOMI INTERNASIONAL - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 28 Februari 2012

TUJUAN KEBIJAKAN EKONOMI INTERNASIONAL


secara umum, tujuan kebijakan ekonomi international pada suatu negara dapat disebutkan sebagai berikut.

Autarki
autarki ialah berusaha untuk menghindarkan diri dari pengaruh-pengaruh negara lain, baik pengaruh ekonomi, politik maupun militer. Sebenarnya, tujuan ini bertentangan denga prinsip perdagangan antar negara(international) secara bebas (libaralisasi perdagangan internasional).

Kesejahteraan (welfare)
tujuan diadakan ekonomi dengan negara lain adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  1. Impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan barang-barang yang lebih mahal kalau diproduksi di dalam negeri.
  2. Ekspor dilakukan agar bisa menjual barang dengan harga yang lebih mahal kalau dijual dalam negari.
Apabila pemasaran suatu barang semakin luas, penambahan produksi dapat dimungkinkan. Akibat selanjutnya, lapangan kerja dapat diperluas. Sehingga penduduk makin mendapat keselamatan memperoleh pekerjaan. Terjaminnya pekerjaan (semakin berkurangnya pengangguran) berarti semakin meningkatnya kesejahteraan.

Dengan adanya hubungan ekonomi internasional, masing-masing negara menadapatkan keuntungan. Oleh karena itu, untuk mendorong adanya perdagangan harus dihilangkan atau dikurangi.

Proteksi
tujuan proteksi adalah untuk melindungi industri dalam negeri dari persaingan barang impor. Biasanya, kebijakan proteksi dilakukan dengan cara pembatasan jumlah barang impor dan menaikkan bea masuk. Selain itu, pemerintahan harus mempermudah arus impor bahan-bahan yang perlukan untuk industri dalam negeri beserta ahli teknologinya.

Proteksionisme adalah kebijakan pemerintahan melindungi industri dalam negeri melalui tarif dan kuota.

Keseimbangan neraca pembayaran
neraca pembayaran merupakan catatan tentang penerimaan yang dari luar negeri dan pembayaran ke luar negeri. Jika neraca pembayaran suatu negara mengalami defisit (jumlah yang diterima lebih kecil daripada yang dibayarkan), maka cadangan devisa melakukan kebijakan ekonomi internasional untuk menjaga neraca pembayarannya, paling tidak dalam keadaan seimbang.

Peningkatan pembangunan ekonomi
agar pembangunan ekonomi dalam negeri lancar, seringkali pemerintah melakukan kebijakan ekonomi internasional. Misalnya, untuk melindungi industri dalam negeri, maka pemerintah membatasi impor barang industri yang bersangkutan. Sebaliknya, di bidang ekspornya pemerintahan memberikan kebijakan yang mendorong untuk meningkatkan ekspor.

Selain itu, dengan adanya spesialisasi yang bersifat internasional maka tiap-tiap negara bisa meningkatkan efisiensi dalam memproduksi suatu barang berdasarkan keunggulan komparatif yang dimiliki.

3 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf kalau postingan saya menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya saya berharap ada yang sama seperti saya.perkenalkan terlebih dahulu saya aini andari tinggal di Padang,dulu saya penjual kue keliling himpitan ekonomi yang membuat saya seperti ini,saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap usaha,pada suatu malam saya buka internet tidak sengaja saya lihat postingan seseorang yang sama seperti saya tapi sudah berhasil,dia dibantu oleh nyi rawih tampa pikir panjang saya hubungi beliau saya dikasi pencerahaan dan dikasi solusi,awalnya saya tidak mau tapi sya beranikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar sekarang saya punya toko bangunan Jaya Abadi didaerah Padang,terimah kasih saya ucapkan pada Nyi rawih berkat beliau saya seprti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau nyi rawih beliau orangnya baik ini nomor beliau 082250546417 atau klik UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    BalasHapus
  2. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :085372801819


    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer