MANFAAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 16 Maret 2012

MANFAAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Perdagangan internasional memainkan peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dunia. Dari uraian di atas sudah cukup jelas bahwa banyak manfaat yang diperoleh dari perdagangan internasional, di antaranya sebagai berikut:

  1. Menciptakan efisiensi dan spesialisasi. Dengan perdagangan antarnegara, setiap negara tidak perlu memproduksi semua kebutuhannya, tetapi cukup hanya memproduksi apa yang bisa diproduksi secara paling efisien dibandingkan dengan negara lain.
  2. Memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara. Dengan perdagangan antarnegara penduduk Indonesia dapat menikmati mobil-mobil buatan Jerman, Amerika, dan Jepang. Sebaliknya, penduduk negara-negara tersebut dapat menikmati kursi rotan atau buah-buah tropis dari Indonesia.
  3. Mendorong semangat berprestasi dan bersaing. Perdagangan internasional menyebabkan terjadinya persaingan di pasaran. Persaingan ini tentu mendorong negara-negara untuk lebih produktif dan lebih efisien sehingga bisa lebih unggul dari negara lain.
  4. Sumber pemasukan kas negara. Banyak negara yang mengandalkan sumber pendapatannya dari pajak dan impor.
  5. Kerja sama dan persahabatan antarnegara. Perdagangan antarbangsa dapat mendorong timbulnya persahabatan dan kerja sama antarbangsa di berbagai bidang selain di bidang ekonomi. Misalnya di bidang budaya, sosial, politik, dan lain-lain.
 
Sumber: Buku Ekonomi. Suyanto. Nurhadi.  

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer