VISI DAN MISI PEMBANGUNAN NASIONAL - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 01 Maret 2012

VISI DAN MISI PEMBANGUNAN NASIONAL

12.30

terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju, dan sejahtera dalam wadah negeri Republik Indonesia yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, madiri, beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengeatahuan dan teknologi memuliki etos kerja yang tinggi dan disiplin.
Misi
untuk mewujudkan visi bangsa Indonesia masa depan, misi yang diterapkan adalah sebagai berikut:
  1. Pengamalan Pancasila secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,dan bernegara.
  2. Penegakan kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara.
  3. Peningkatan pengalaman ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari  untuk mewujudkan kualitas keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan persaudaraan umat beragama yang berakhlak mulia, toleran, rukun, dan damai.
  4. Penjaminan kondisi aman, damai, tertib, dan ketentraman masyarakat.
  5. Perwujudan sistem hukum nasional yang menjamin tegaknya sepremasi hukum dan hak asasi manusia berlandaskan keadilan dan kebenaran.
  6. Perwujudan kehidupan sosial-budaya yang berkepribadian, dinamis, kreatif,dan berbaya tahan terhadap pengaruh globalisasi.
  7. Perbedayaan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi nasional, terutama pengusaha kecil, menengah, dan koperasi, dengan mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan yang betumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan, bersumber daya alam, dan sumber daya manusia yang produktif, mandiri maju, berdaya saing, dan berwawasan lingkungan.
  8. Perwujudan otonomi daerah dalam rangka pengembangan daerah dan pemerataan pertumbuhan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  9. Perwujudan kesejahteraan rakyat yang ditandai oleh meningkatnya kualitas pehidupan yang layak dan bermartabat serta perhatian utama pada tercukupnya kebutuhan dasar, yaitu pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, dan lapangan kerja.
  10. Perwujudan apatur negara yang berfungsi melayani masyarakat, profesi berdaya guna, produkstif, transparan, yang  bebas dari korupsi, kolusi, nepotisme.
  11. Perwujudan sistem dan iklim pendidikan nasional demokrasi dan bermutu guna memperteguh akhlak mulia, kreasi, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin, bertanggung jawab, berketrampilan,serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengembangkan kualitas manusia Indonesia.
  12. Perwujudan politik luar negeri yang berdaulat, bermanfaat, bebas, dan proaktif bagi kepentingan nasional dalam menghadapi perkembangan global.
Visi dan misi tersebut merupakan dasar dan rambu-rambu untuk mencapai tujuan bangsa dan cita-cita nasional. Berdasarkan visi dan misi itu, disusunlah suatu kebijakan pembangunan nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer