Breaking News
Loading...
Jumat, 20 April 2012

IDEOLOGI SEBAGAI SUATU SISTEM

Ideologi dapat dirumuskan sebagai suatu sistem berfikir yang digunakan oleh suatu masyarakat untuk menginterprestasikan (mengartikan) hidup dan kehidupannya. Dapat juga dikatakan sebagai identitas suatu masyarakat atau bangsa (identity), yang sering disebut dengan istilah “kepribadian bangsa”. Mengingat ideologi merupakan suatu sistem berfikir dalam semua aspek kehidupan, maka ia dapat diterapkan ke dalam sistem politik, ekonomi, dan sosial-budaya. Mula-mula digali dari kenyataan-kenyataan yang ada (induktif), kemudian merumuskan dalam suatu sistem, dan akhirnya diterapkan kembali dalam segala aspek kehidupan(deduktif).

Ideologi biasanya adalah sistem yang tertutup (deduktif-induktif). Apabila suatu masyarakat menganut sistem ideologi tertentu, itu berarti masyarakat tersebut menggunakan sistem deduktif, yaitu seluruh kehidupan masyarakat dari nilai-nilai tertentu yang dianut oleh ideologinya.

Ideologi dapat juga mengandung pengertian bahwa dia menegara yaitu nilai-nilai yang tergandung diatur melalui negara. Jadi, sesungguhnya negaralah yang mempunyai peran penting di dalam sistem ideologi guna mengatur warga negaranya dan mencapai dicita-cita dan tujuannya.

 
Sumber: Pendidikan Kewarganegaraan. Budiyanto. Penerbit erlangga.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer