Breaking News
Loading...
Senin, 16 April 2012

ISTILAH-ISTILAH GANGGUAN KEJIWAAN


Banyak sekali yang berhubungan atau mengartikan kejiwaan, berhubungan dengan penggunaannya yang luas, karena Psikologi Klinis biasanya dianggap sebagai bidang terapan. Dengan demikian, penggunaannya memiliki hak untuk membuat sendiri istilahnya, sesuai dengan keperluan khasnya. Di antaranya adalah perilaku atau psikologi abnormal, perilaku maladaptif, gangguan mental, gangguan emosional, psikopatologi, disfungsi psikologi, sakit mental, gangguan perilaku, dan gila. Berikut ini dikemukakan beberapa pengertian menyangkut istilah-istilah tersebut, seperti dikemukakan Kendal dan Norton (1982) meskipun secara umum istilah-istilah itu, mengartikan suatu konsep dasar yang sama saja. Mungkin terdapat sedikit penekanan yang berbeda, namun perbedaan itu tidak melahirkan perbedaan pemahaman yang cukup signifikan, sehingga pada penggunaan sehari-harinya sering berganti gantu, sebagai berikut:

Perilaku abnormal (abnormal behavior)
Digunakan untuk menggambarkan tampilan kepribadian dalam (inner personality) atau perilaku luar (out behavior) atau keduanya. Yang dimaksudkan dengan istilah ini adalah perilaku spesifik seperti fobia atau pola gangguan seperti skizofrenia. Demikian juga dengan masalah kronik atau yang berlangsung lama, seperti introsikasi obat-obat dengan simtom yang akut atau temporer.

Perilaku Maladaptif (maladaptive behavior)
Merupakan pemahanam abnormal yang bersifat konseptual, yang memasukkan setiap perilaku yang memiliki konsekuensi yang tidak diharapkan. Tidak hanya perilaku psikosis, atau neurotis, melainkan juga perilaku bisnis yang tidak etis, prasangka rasional, alienasi, dan apatis.

Gangguan Metal (mental disorder)
Istilah ini digunakan untuk pola perilaku abnormal yang meliputi rentang yang lebar, dari yang ringan sampai yang berat.

Gangguan emosional (Emotional disturbance)
Merupakan integrasi kepribadian yang tidak adekuat (memenuhi syarat) dan tekanan pribadi (distress personal). Istilah ini lebih serig digunakan untuk perilaku maladaptif pada anak-anak.

Psikopatologi (psychopathology)
Diartikan sama atau sebagai kata lain dari perilaku abnormal, psikologi abnormal, atau gangguan mental.

Sakit mental (mental illness)
Digunakan sebagai kata lain dari gangguan mental. Namun penggunaannya saat ini terbatas pada gangguan yang berhubungan dengan patologi otak atau disorganisasi kepribadian yang berat.

Gangguan mental (mental disorder)
semula digunakan untuk nama gangguan-gangguan yang berhubungan dengan patologi otak, tetapi saat ini jarang digunakan. Nama ini pun sering digunakan sebagai istilah yang umum untuk setiap gangguan dan kelainan.

Ganggguan perilaku (behavior disorder)
Digunakan secara khusus untuk gangguan yang berasal dari kegagalan belajar, baik gagal memperlajari kompetensi yang dibutuhkan maupun gagal dalam memperlajari pola penanggulangan masalah yang maladaptif.

Gila (insanity)
Merupakan istilah hukum yang mengidentifikan bahwa individu secara mental tidak mampu untuk mengelola masalah-masalahnya atau melihat konsekuensi-konsekuensi dari tindakan-tindakannya. Istilah ini menunjuk pada gangguan mental yang serius. Terutama penggunaan istilah ini bersangkutan denga pantas tidaknya seseorang yang melakukan tindak pidana dihukum atau tidak.

Sebelum secara rinci dan teknis mengemukakan apa yang dimaksud dengan perilaku atau psikologi abnormal, sebagai gambaran umum perlu menangani orang yang yang menderita gangguan perilaku sebagaimana diutarakan tadi. Untuk ini, kita dapat melihat pengertian perilaku normal. Meskipun pengertian ini sangat bervariasi sesuai dengan sudut pandangannya masing-masing.


Sumber: Pengantar Psikologi Klinis. Edisi revisi. Prof. Dr. SUTARDJO A. WIRAMIHARDJA, Psi.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer