RINGKASAN KONSEP-KONSEP UTAMA KAREN HORNEY - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 10 April 2012

RINGKASAN KONSEP-KONSEP UTAMA KAREN HORNEY

11.54
Orientasi Dasar

Horney diidentifikasi dengan teori-teori sosial psikologis yang dikembangkan sebagai reaksi melawan orientasi yang mekanisme dan biologis dari Freud. Horney percaya bahwa psikoanalisis perlu dikembangkan keluar dari keterbarasan-keterbatasan psikologi yang berlandaskan naluri-naluri.


Tema Dasar

Konsep utama dari Horney adalah kecemasan, yakni perasaan terisolasi dan tak berdaya yang dialami oleh anak di dalam dunia yang secara potensial bersifat bermusuhan. Segala hal yang mengganggu keamanan dasar anak dalam kaitannya dengan kintiman hubungan dalam keluarga menghasilkan kecemasan dasar.


Sepuluh Kebutuhan Neurotik

Akibat hubungan yang terganggu, orang yang merasa tidak mampu memperoleh cinta mungkin berusaha untuk memperoleh kekuasaan atas orang lain, mengeksplorasi orang lain, mengopensasikan perasaan-perasaan tak berdaya, atau menarik diri ke dalam kecenderungan mengasihani diri sendiri. Sepuluh kebutuhan di bawah ini dikembangkan sebagai cara menangani kecemasan dasar yang dihasilkan dari hubungan yang terganggu antara orang tua dan anak:

















  1. Kebutuhan neurotik akan afeksi dan persetujuan.
  2. Kebutuhan neurotik akan orang yang menaggung hidup
  3. Kebutuhan neurotik membatasi hidup dalam batas-batas yang sempit.
  4. Kebutuhan neurotik akan kekuasaan.
  5. Kebutuhan neurotik untuk mengeksplorasi orang lain.
  6. Kebutuhan neurotik akan prestise.
  7. Kebutuhan neurotik untuk dikagumi.
  8. Kebutuhan neurotik akan prestasi pribadi.
  9. Kebutuhan neurotik akan kecukupan diri dan kemandirian.
  10. Kebutuhan neurotik akan perlindungan dan kekebalan.
Hal-hal yang menjadikan kesepuluh kebutuhan itu neurotik adalah kualitasnya yang kompulsif tidak pernah terpuaskan, dan sifatnya yang tidak realistis.


Tiga Tipe Karakter

Horney mengenali tiga tipe karakter, yaitu:

  1. Tipe penurut: bergerak ke arah orang lain sebagai akibat-akibat kebutuhan yang kuat akan cinta dan persetujuan, serta bertingkah laku dengan cara yang sangat dependen.
  2. Tipe memisahkan diri: bergerak menjauhi orang lain sebagai akibat dari kebutuhan yang berlebihan untuk mandiri; mempertahankan jarak emosional dengan orang lain, sebab kedekatan menimbulkan kecemasan.
  3. Tipe agresif: bersifat melawan orang lain; memiliki kedutuhan akan mengendalikan orang lain; memandang hidup sebagai perjuangan untuk tetap bertahan.
Buku-buku utama: Neurotic Personality of Out Time (1937), New Ways in Psychoanalysis (1939). Our Inner Conflicts (1945). Neurosis and Human Growth (1950).



Sumber: Buku Teori dan Praktek KONSELING & PSIKOTERAPI. Gerald Corey

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer