RINGKASAN KONSEP-KONSEP UTAMA OTTO RANK - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 09 April 2012

RINGKASAN KONSEP-KONSEP UTAMA OTTO RANK

11.58
Kecemasan Penyapihan

Rank menekankan ketakutan terhadap penyapihan sebagai kekuatan dinamik utama. Pemisahan awal dari ibu menghasilkan kecemasan, atau trauma kelahiran, yang bisa mempengaruhi individu sepanjang hidupnya. Setiap penyapihan bisa mengancam dan sering mengarah kepada perasaan-perasaan diabaikan. Tujuannya adalah kembali kepada kesenangan dan keamanan yang dialami di dalam rahim.


Perjuangan Untuk Individualitas

Hidup ditandai oleh perjungan untuk mencapai individualitas yang kadang-kadang dirintangi oleh orang tua yang kebutuhan-kebutuhannya sendiri tidak terpenuhi.


Konsep Keinginan

Keinginan adalah aspek diri yang positif dan membimbing yang secara kreatif menggunakan serta mengendalikan dorongan-dorongan dasar. Larangan-larangan orang tua menyebabkan anak tidak mempercayai keinginannya sendiri. Akibat larangan-larangan tersebut, dimasa dewasanya orang itu akan memiliki keinginan yang mengandung aspek-aspek yang disetujui oleh orang tua dan masyarakatnya. Penolakan terhadap otoritas, yang oleh Rank disebut counterwill, bisa berkembang.





Tipe-Tipe Karakter

Rank mengenali tipe karakter, yaitu

  1. Orang rata-rata: mengabaikan keinginan sendiri dan menerima keinginan kelompok; kenyataan diterima secara sosial menjadi kebenarannya; memiliki lebih sedikit konflik dan lebih sedikit pula kesempatannya untuk menjadi kreatif.
  2. Orang neurotik: tidak menyelaraskan diri dengan keinginan kelompok, tetapi juga tidak merasa bebas untuk menyatakan keinginan sendiri; bergaul dengan konflik-konflik internal dan eksternal.
  3. Orang kreatif: menyusun ideal-ideal dan standar-standar sendiri; menerima diri sendiri sepenuhnya dan membimbing tingkah laku dengan standar-standar internal; mengungkapkan diri kepada orang lain dengan karya-karya kreatif.
 
Buku utama: The Trauma of Birth (1920).






Sumber: Buku Teori dan Praktek KONSELING & PSIKOTERAPI. Gerald Corey

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer