FAEDAH PENELITIAN SOSIAL LIFE HISTORI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 14 Mei 2012

FAEDAH PENELITIAN SOSIAL LIFE HISTORI


Koentjaraningrat mencatat bebrapa faedah Life Histori bagi penelitian social, terutama dilihat dari materi pendekatan ini:
  1. Data Life History penting bagi penelitian untuk mempelajari untuk memperoleh pendangan dari dalam mengenai gejala dalam suatu masyarakat melalui pandangan diri gejala dalam suatu masyarakat melalui pandangan diri para warga sebagai partisipan dari masyarakat yang bersangkutan.
  2. Data Life History penting untuk mencari pengertian mengenai masalah individu warga masyarakat yang suka berkelakuan menyimpang dari biasa, dan mengenai masalah peranan Deviant Individual seperti sebagai pendorong gagasan baru, perubahan masyarakat dan kebudayaan.
  3. Data Life Histori penting bagi penelitian untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang hal-hal psikologis yang tak mudah diperoleh melalui observasi, atau melalui metode interview langsung.
  4. Data Life History penting bagi penelitian untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang hal-hal psikologis yang tak mudah diperoleh melalui observasi, atau melalui metode interview langsung.
  5. Data Life History penting bagi penelitian untuk mendapat gambaran yang lebih mendalam mengenai detail dari persoalan yang tidak mudah untuk diceritakan kepada orang lain, seperti umpamanya cara hidup nakal, gelandangan, pelacur, penjahat dan sebagainya, atau pemahaman mengenai persoalan mengapa masyarakat tersebut menjadi miskin, masyarakat tertentu pencuri, perampok dan sebagainya.


Sumber: Analisis Data Penelitian Kualitatif. Burhan Bungin

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer