MEMAHAMI PERKEMBANGAN DUNIA YANG SANGAT CEPAT - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 06 Mei 2012

MEMAHAMI PERKEMBANGAN DUNIA YANG SANGAT CEPAT

09.00

Kecenderungan globalisasi yang menimbulkan hubungan interdependensi antarperekonomian Negara-negara di dunia harus kita pahami sebagai hal yang dibarengi dengan berbagai perkembangan sangat cepat dan juga bersifat structural. Beberapa indikator perubahan dan perkembangan dunia yang sangat cepat, antara lain:
  1. Banyaknya perekonomian di dunia yang mendorong bekerjanya mekanisme pasar dan persaingan dengan mengurangi campur tangan langsung Negara atau pemerintah dalam kegiatan ekonomi nasional. Kecenderungan ini sering disebutkan sebagai penemuan kembali ekonomi pasar yang dilaksanakan di Negara-negara atau perekonomian industry baru (newly industrializing countries atau NICs dan newly industrializing economies atau NIEs), negara-negara berkembang, termasuk Negara kita, dan yang banyak mendapat sorotan, di negara-negara sosialis atau komunis, dengan glasnost dan perestroikannya.
  2. Terdapat perkembangan penting di Eropa Barat dengan program Pasar Tunggal Eropa pada tahun 1992. Dengan program yanga sangat luas ini, kita dapat memaklumi bahwa Eropa akan jauh lebih banyak memperhatikannya masalah intern dan lebih bersikap introvertif. Yang jelas sejak dirancangkannya penyatuan pasar Eropa, kepercayaan Eropa menjadi pulih; istilah Euroclerosisi menjadi hilang dan penanaman modal di Eropa baik oleh masyarakat sendiri maupun oleh masyarakat luar Eropa makin meningkat.
  3. Amerika Serikat yang 50 tahun lalu menunjukkan keterbukaan dalam sikapnya terhadap perdagangan internasional, mengalami perubahan kea rah proteksionisme, terutama setelah AS mulai kehilangan daya sainganya mengahdapi Jepang. Kecenderungan ini tampaknya jelas dari perundang-undangan yang dikeluarkan dalam perdagangan maupun berbagai rancangan undang-undang yang diajukan di Congress.
  4. Negara Jepang telah memperlihatkan kemampuannya sebagai kekuatan utama di bidang perdangan. Baru-baru ini MTTI Jepang mengeluarkan dokumen yang menunjukkan programnya untuk menjadikan ekomoni Jepang berperan sebagai pemimpin ekonomi dunia dalam tahun 2000-an sebagaimanan Amerika Serikat lakukan semenjak berakhirnya Perang Dunia II.
  5. Timbulnya gejala baru kea rah pembentukan free trade area di berbagai wilayah seperti Amerika Serikat dan Amerika Utara dengan Kanada, kemudian dengan Meksiko dan wilayah Australia-New Zealand, dan dinegara-negara ASEAN. Bila masing-masing free trade area ini akan menjadi tertutup, kita menghadapi bahaya fragmentasi atau proteksionisme.
  6. Transformasi perekonomian yang terjadi di kawasan Pasifik dan Asia Tenggara, serta perkembanga NICs baik di Asia maupun di kawasan lain. Ekonomi kawasan Asia Pasifik berkembang sangat pesat yang dipelopori oleh RRC, Taiwan, dan Korea Selatan, demikian pula perdagangan antarnegara-negara di kawasan ini. Kecenderungan ini akan berlanjut di masa depan.
  7. Dengan peningkatan hubungan dagang, investasi, dan ekonomi antarnegara-negara di berbagai kawasan, seolah-olah ada suatu integrasi ekonomi di kawasan tersebut. Di lain pihak ketergantungan kebanyakan Negara pada pasar tertentu (AS dan Jepang) yang dapat membuat hubungan bilateral berpotensi menimbulkan friksi, seperti deficit neraca perdagangan yang berkelanjutan.
Sumber: Pendidikan Kewarganegaraan. Budiyanto. Penerbit erlangga.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer