Breaking News
Loading...
Kamis, 10 Mei 2012

PENGERTIAN SEJARAH


Dalam arti luas, sejarah merupakan catatan tentang apa yang diucapkan, dilakukan, dialami atau dirasakan oleh manusia. Segala peristiwa yang dialami manusia akan dicatat, kapan terjadinya, di mana peristiwa terjadi serta siapa pelakunya merupakan unsure penting dalam sejarah.

Dalam pengembangan sejarah, ketiga yaitu manusia, waktu dan tempat memiliki arti sangat penting. Sebab dalam penyusun sejarah kita harus tahu siapa pelakunya, kapan dan di mana peristiwanya.

Dalam kehidupannya sehari-hari kita harus menyaksikan berbagai macam peristiwa sejarah. Bahkan kita sendiri juga memiliki sejarah. Hanya saja kita tidak tahu apa sebenarnya sejarah itu? Kadangkala kita mendengar ucapan. Belajarlah dari sejarah! Pelajarilah sejarah bangsanmu!

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut marilah kita kaji bersama tentang pengertian sejarah. Berikut ini beberapa pendapat tentang arti sejarah.
  1. Sejarah diartikan dengan silsilah, keturunan (daftar asal-usul). Arti ini diambil dan kata syajaroh yang berarti pohon. Pohon memiliki cabang memiliki ranting, dan seterusnya.
  2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sejarah diartikan:
    • Silsilah, asal-asul (keturunan);
    • Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang lampau;
    • Pengetahuan atau uraian mengenai peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian yang benar-benar terjadi di masa yang lampau.
  3. Menurut Rusian Abdul Gani, sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan manusia dan masyarakat di masa lampau beserta kejadian-kejadiannya kemudian dinilai secara kritis seluruh hasil penelitinya guna dijadikan pedoman bagi penilaian keadaan sekarang dan masa depan..
  4. Menurut M. Yamin, sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atau hasil penyelidiki berbagai peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.
  5. Menurut J. V. Bryce, menurut J. V. Bryce dalam buku The Study of America History menyatakan bahwa sejarah adalah catatan tentang apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
  6. 6. Menurut Patrick Gardimer, Patrick Gardimer menyatakan bahwa sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
  7. Menurut R. Moh. Ali, menyatakan bahwa sejarah adalah:
    • Jumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
    • Cerita tentang menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwamasa lampau, dan
    • Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa masa lampau.
Dengan demikian dapat disimpulan bahwa sejarah adalah kisah yang terjadi pada masa lalu dan ada hubungan yang dengan manusia.

Sumber: Panduan Belajar Sejarah. Drs Imron.

2 komentar:

  1. Luar biasa jadi nambah referensi nih, makasih pak

    BalasHapus
  2. Maidaniipancakedurian.com Distributor Resmi Pancake Durian, Oleh Oleh Khas Medan
    http://mylifelikearainbow.blogspot.com/2014/10/maidaniipancakedurian.com-distributor-resmi-pancake-durian-oleh-oleh-khas-medan.html

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer