Marilyn Whirry adalah guru bahasa
inggris grade 12 di Mira Costa High
School, Manhattan Beach, California. Semangat menjalani hidup dibawa-bawa ke
kelas. Marilyn mengataka n tentang hidupnya “Hidupnya seperti kanvas dengan kuas
yang melukiskan motif-motif pengalaman saya.” Marilyn menyatakan bahwa para
guru mungkin tak pernah tahun berapa banyak kehidupan murid yang diubah menjadi
lebih baik oleh rasa tanggung jawab dan kegembiraan hidup sang guru.
Filosofi pengajaran Marilyn
berpusat pada pembelajaran yang hangat dan menyenangkan. Dia mengatakan bahwa
agar pikiran terbuka, guru perlu membantu murid termotivasi mencari pengetahuan
dan menemukan jawaban atas pertanyaan mengapa dan bagaimana. Salah satu tujuan
terpenting Marilyn sebagai guru adalah mengajak murid berfikir mendalam saat
mereka membaca dan menulis. Diantara strategi mengajarkan adalah mendorong
murid untuk menandai buku-buku guna menghubungkan dan mengingat kejadian
penting atau teknik menulis dalam karya sastra, dan mempromosikan dialog dan
debat dalam diskusi kelompok.
Salah satu kelas murid Marilyn,
Mary-Anna Rae, mengatakan bahwa keterlibatan intelektual san semangat hidup
Marilyn membuatnya menjadi model yang dianut murid. Mary-Anna juga mengatakan
bahwa dalam segala hal yang dilakukan Marilyn, dia menunjukkan bahwa dia
mendengar murid dan mendorong mereka untuk melakukan pemikiran sedalam mungkin.
Mary-Anne juga mengatakan bahwa Marilyn membantunya untuk tumbuh lebih percaya
diri dalam berucap, menulis dan menyadarkan dirinya bahwa hidupnya punya suatu
tujuan.
Sumber: Psikologi Pendidikan , edisi
kedua. John W. Santrock, Universty of Texas-Dallas.
0 komentar:
Posting Komentar