TERAPI TINGKAH LAKU - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Rabu, 11 Juli 2012

TERAPI TINGKAH LAKU

Terapi tingkah laku adalah penerapan anek aragam teknik adan prosedur yang berakat pada berbagai toeri tentang belajar. Terapi ini menyertakan penerapan yang sistematis prinsip – prinsip belajar pada pengubahan tingkah laku kea rah cara – cara yang lebih adaptif. Pendekatan ini, telah memberikan sumbangan – sumbangan yang berarti, baik pada bidang – bidang klinis maupun pendidikan.

Berlandaskan teori belajar, modifikasi tingkah laku dan terapi tingkah laku adalah pendekatan – pendekatan terhadap konseling dan psikoterapi yang berurusan dengan pengubahan tingkah laku. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada teori tunggal tentang belajar yang mendominasi praktek terapi tingkah laku. Sejumlah teori belajar yang beragam memberikan andil kepada pendekatan terapeutik umum yang satu ini. Daripada memandang terapi tingkah laku sebagai pendekatan terapi yang dipersatukan dan tunggal, lebih tepat menganggapnya sebagai terapi – terapi laku yang mencakup berbagai prinsip dan metode yang belum dipandukan ke dalam suatu system yang dipersatukan.

Perkembangan terapi – terapi tingkah laku ditandai oleh suatu pertumbuhan yang fenomenal sejak akhir tahun 1950 – an. Pada awal tahun 1960, laporan – laporan tentang penggunaan teknik-teknik terapi tingkah laku sekali – kali muncul tentang penggunaan teknik – teknik  terapi tingkah laku sekali – sekali muncul dalam perpustakaan professional. Kini, modifikasi tingkah laku dan terapi tingah laku menduduki tempat yang penting dalam lapangan psikoterapi dalam banyak area pendidikan. Kepustakaan professional, baik berupa berkala maupun berupa buku, membuktikan peningkatan popularitas pendekatan ini. Peningkatan pengaruh terapi tingkah laku juga dimanifestasikan dalam sejumlah besar departemen psikologi yang melaksanakan pendidikan psikologi klinis dan konselong dalam metode – metode behavioral. Dewasa ini , banyak program latihan yang dengan jelas menitikberatkan orientasi behavioral. Kecenderungan itu akan lebih mengesankan apabila kira mengingat bahwa selama akhir tahun 1950 – an dan awal tahun 1960 – an hanya sedikit departemen psikologi dan psikiatri ataupun program latihan kesehatan mental yang elegan segala cara substansial melibatkan terapi tingkah laku. Modifikasi tingkah laku telah memberikan pengaruh yang besar kepada lapangan pendidikan, terutama pada area pendidikan khusus yang menangani anak – anak yang memiliki masalah – masalah belajar dan tingkah laku.

Salam satu aspek yang paling dari gerakan modifikasi tingkah laku adalah penekanannya pada tingkah laku yang bisa mendefinisikan secara operasional, diamati, dan diukur. Tingkah laku, bukan konstruk – konstruk yang tak bisa perhatian terapeutik. Para tokoh terapi tingkah laku telah menyajikan suatu indikasi objektif tentang aktivitas – aktivitas mereka sendiri. Perubahan tingkah laku sebagai criteria yang spesifik memberikan kemungkinan bagi evaluasi langsung atau keberhasilan kerja dan kecepatan bergerak kea rah tujuan – tujuan terapeutik yang bisa dispesifikasi dengan jelas. Bahwa pertumbuhan terapi tingkah laku ditunjukkan oleh banyaknya penelitian yang dilaksanakan adalah cirri lain dari gerakan ini. Prosedut-prosedur secara sinambung dipengaruhi disebabkan oleh adanya komitmen untuk menjadikan prosedur – prosedur itu sebagai sasaran pengujian yang ketat guna menentukan sejauh mana prosedur  - prosedur tersebut bisa bekerja dengan baik. Karena terapi tingkah laku bersandar pada hasil – hasil eksperimen tentang pernyataan  - pernyataan teoritisnya, konsep – konsep utama terapi tingkah laku terus – menerus diperkuat dan dikembangkan.




Sumber: Teori dan Praktek KONSELING & PSIKOTERAPI. Gerald Corey (Hal. 193 – 194)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer