Kumpulan Materi - Terapi tingkah laku adalah penerapan anek aragam teknik adan prosedur yang berakat pada berbagai toeri tentang belajar. Terapi ini menyertakan penerapan yang sistematis prinsip – prinsip belajar pada pengubahan tingkah laku kea rah cara – cara yang lebih adaptif. Pendekatan ini, telah memberikan sumbangan – sumbangan yang berarti, baik pada bidang – bidang klinis maupun pendidikan.
Berlandaskan teori belajar,
modifikasi tingkah laku dan terapi tingkah laku adalah pendekatan – pendekatan
terhadap konseling dan psikoterapi yang berurusan dengan pengubahan tingkah
laku. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada teori tunggal tentang belajar yang
mendominasi praktek terapi tingkah laku. Sejumlah teori belajar yang beragam
memberikan andil kepada pendekatan terapeutik umum yang satu ini. Daripada
memandang terapi tingkah laku sebagai pendekatan terapi yang dipersatukan dan
tunggal, lebih tepat menganggapnya sebagai terapi – terapi laku yang mencakup
berbagai prinsip dan metode yang belum dipandukan ke dalam suatu system yang
dipersatukan.
Perkembangan terapi – terapi
tingkah laku ditandai oleh suatu pertumbuhan yang fenomenal sejak akhir tahun
1950 – an. Pada awal tahun 1960, laporan – laporan tentang penggunaan
teknik-teknik terapi tingkah laku sekali – kali muncul tentang penggunaan
teknik – teknik terapi tingkah laku
sekali – sekali muncul dalam perpustakaan professional. Kini, modifikasi
tingkah laku dan terapi tingah laku menduduki tempat yang penting dalam
lapangan psikoterapi dalam banyak area pendidikan. Kepustakaan professional,
baik berupa berkala maupun berupa buku, membuktikan peningkatan popularitas
pendekatan ini. Peningkatan pengaruh terapi tingkah laku juga dimanifestasikan
dalam sejumlah besar departemen psikologi yang melaksanakan pendidikan
psikologi klinis dan konselong dalam metode – metode behavioral. Dewasa ini ,
banyak program latihan yang dengan jelas menitikberatkan orientasi behavioral.
Kecenderungan itu akan lebih mengesankan apabila kira mengingat bahwa selama
akhir tahun 1950 – an dan awal tahun 1960 – an hanya sedikit departemen
psikologi dan psikiatri ataupun program latihan kesehatan mental yang elegan
segala cara substansial melibatkan terapi tingkah laku. Modifikasi tingkah laku
telah memberikan pengaruh yang besar kepada lapangan pendidikan, terutama pada
area pendidikan khusus yang menangani anak – anak yang memiliki masalah –
masalah belajar dan tingkah laku.
Salam satu aspek yang paling dari
gerakan modifikasi tingkah laku adalah penekanannya pada tingkah laku yang bisa
mendefinisikan secara operasional, diamati, dan diukur. Tingkah laku, bukan
konstruk – konstruk yang tak bisa perhatian terapeutik. Para tokoh terapi
tingkah laku telah menyajikan suatu indikasi objektif tentang aktivitas –
aktivitas mereka sendiri. Perubahan tingkah laku sebagai criteria yang spesifik
memberikan kemungkinan bagi evaluasi langsung atau keberhasilan kerja dan
kecepatan bergerak kea rah tujuan – tujuan terapeutik yang bisa dispesifikasi
dengan jelas. Bahwa pertumbuhan terapi tingkah laku ditunjukkan oleh banyaknya
penelitian yang dilaksanakan adalah cirri lain dari gerakan ini.
Prosedut-prosedur secara sinambung dipengaruhi disebabkan oleh adanya komitmen
untuk menjadikan prosedur – prosedur itu sebagai sasaran pengujian yang ketat guna
menentukan sejauh mana prosedur -
prosedur tersebut bisa bekerja dengan baik. Karena terapi tingkah laku
bersandar pada hasil – hasil eksperimen tentang pernyataan - pernyataan teoritisnya, konsep – konsep
utama terapi tingkah laku terus – menerus diperkuat dan
dikembangkan.
Sumber: Teori dan Praktek KONSELING & PSIKOTERAPI.
Gerald Corey (Hal. 193 – 194)
0 komentar:
Posting Komentar