DIAKNOSIS KESULITAN BELAJAR (PROGRAM PENDIDIKAN INDIVIDUAL) - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 21 Juni 2013

DIAKNOSIS KESULITAN BELAJAR (PROGRAM PENDIDIKAN INDIVIDUAL)

Program pendidikan individual disusun agar anak berkesulitan belajar/bermasalah mendapatkan layanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan khusus mereka.program ini disusun oleh guru kelas (dapat minta bantuan orang atau pihak lain)sesuai kebutuhan.

Prosedur yang ideal pengembangan PPI menurut Kitano dan Kirby (1986) adala sebagai berikut :

  1. Pembentikan Tim PPI (biasanya terdiri dari guru,orangtua,dan tenaga profesional)
  2. Menilai kebutuhan khusus anak yang bersangkutan .
  3. Mengembangkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek.
  4. Merancang meode dan prosedur pembelajaran.
  5. Menentukan evaluasi kemajuan anak.

Di Indonesia model pembelajaran yang menggunakan PPI ini belum banyak dilaksanakan karena pendidikan yang kita anut adalah pendidikan sistem massal (klasikal).dengan sistem seperti anak-anak yang bermasalah berkesulitan belajar cenderung dirugikan,karena guru akan lebih mengutamakan yang mayoritas atau lebih normal.karena itu,agar anak-anak bermasalah atau berkesulitan belajar tersebut tidak semakin berat masalahnya.serta hak-hak pendidikan meraka juga dapat terpenuhi.maka sudah saatnya perlu dikembangkan model pembelajaran khusus bagi mereka yakni dengan menerapkan model pembelajaran PPI

Untuk sekedar membantu guru dalam rangka penyusunan PPI,pada lampiran 6 dan 7 desediakan format PPI yang dapat digunakan.format tersebut diambil dari Buku Kesulitan Belajar yyang disusun Dr.Mulyono Abdurahman (1996) yang dimodifikasi oleh penulis . walaupun demikian,format itu tidak bersifat harga mati ,guru dapat mengembangkan model sendiri yang dianggap paling sesuai dan muda di lakukan.

Download Slide Program Pendidikan Individual. Klik Disini

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer