PEMBAGIAN TOKSIKOLOGI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 28 September 2017

PEMBAGIAN TOKSIKOLOGI

Kumpulan MateriToksikologi dapat dibagi menjadi 3 (tiga) bidang spesifik, yaitu:

1. Toksikologi forensik

Mempelajari aspek medikolegal dari bahan kimia yang mempunyai efek membahayakan pada manusia atau hewan, sehingga dapat dipakai untuk membantuk mencari atau menjelaskan penyebab kematian pada penyelidikan suatu kasus kejahatan.

2. Toksikologi klinis

Bidang ilmu kedokteran yang memberikan perhatian terhadap penyakit dan disebabkan oleh bahan toksik atau hubungan unik dan spesifik dan bahan toksik tersebut.

3. Toksikologi lingkungan

Mempelajari efek dari bahan polutan terhadap kehidupan dan pengaruhnya terhadap ekosistem yang digunakan untuk mengevaluasi kaitan antara manusia dengan polutan yang ada dilingkungan. Sebagai studi mengenai efek yang merugikan/bahayanya dari zat kimia/toksikan dalam lingkungan. Efek merugikan/berbahaya dari zat kimia/toksian dalam lingkungan. Efek merugikan/berbahaya tersebut dapat berakibat buruk terhadap makhluk hidup termasuk manusia.

Untuk mempelajari toksikologi lingkungan, harus dimengerti terlebih dahulu mengenai dasar toksikologi, hubungan dosis-respon dan aplikasi prinsip toksikologi dalam lingkungan.







Sumber: Mukono H. J. (2005). Toksikologi Lingkungan. Surabaya: Airlangga University Press. (Hal 7)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer