PENGERTIAN DINAMIKA KELOMPOK - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 18 September 2017

PENGERTIAN DINAMIKA KELOMPOK

Kumpulan MateriDinamika berarti tingkah laku warga yang satu secara langsung memengaruhi warga yang lain secara timbale balik. Jadi, dinamika berarti adanya interaksi dan interdependensi antara anggota kelompok yang satu dengan anggota kelompok yang lain secara timbul balik dan antara anggota dengan kelompok secara keseluruhan. 

Dynamic is facts or concepts which refer to conditions of change, expecially to forces.

Keadaan ini dapat terjadi karena selama ada kelompok, semangat kelompok (group spirit) terus-menerus berada dalam kelompok itu. Oleh karena itu, kelompok tersebut bersifat dinamis, artinya setiap saat kelompok yang bersangkutan dapat berubah.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dinamika kelompok berarti suatu kelompok yang teratur dari dua individu atau lebih yang mempunyai hubungan psikologis secara jelas antara anggota yang satu dengan yang lain. Dengan kata lain, antaranggota kelompok mempunyai hubungan psikologis yang berlangsung dalam situasi yang dialami secara bersama-sama.

Kelompok

Agar memberi pengertian yang jelas tentang kelompok, berikut ini diawali dengan proses pertumbuhan kelompok itu sendiri.

Individu sebagai makhluk hidup mempunyai kebutuhan yang menurut A. Maslow dikenal sebagai:

1) Kebutuhan fisik.

2) Kebutuhan rasa aman.

3) Kebutuhan kasih sayang.

4) Kebutuhan prestasi dan prestise, serta

5) Kebutuhan untuk melaksanakan sendiri.

Dilain pihak, individu memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan tersebut diatas, namun potensi yang ada pada individu yang bersangkutan terbatas sehingga individu harus meminta bantuan kepada individu lain yang sama-sama hidup satu kelompok.

Dalam keadaan seperti itu, individu berusaha mengatasi kesulitan yang ada pada dirinya melalui prinsip escapism, artinya salah satu bentuk pelarian diri dengan mengorbankan pribadinya dan mempercayakan pada orang lain yang menurut pendapatnya memiliki sesuatu yang tidak ada pada dirinya. Bentuk penyerahan diri seperti ini mengakibatkan timbulnya perasaan perlunya kemesraan di dalam kehidupan bersama. artinya, individu tidak dapat hidup tanpa kerja sama dengan individu lain.

Bentuk kelompok seperti keluarga, regu kerja, atau regu belajar merupakan contoh konkret dan kelompok-kelompok tersebut saat ini mendapat tempat yang baik didalam masyarakat yang semakin kompleks.

Sudah barang tentu kehidupan kelompok tersebut tidak berada dalam keadaan status, tetapi berada dalam keadaan dinamis. Artinya, kehidupan kelompok itu berkembang dengan baik.

Dengan keadaan seperti di atas, beberapa ahli mencoba memberi pengertian apa yang disebut kelompok

1. W.Y.H. Sprott memberikan pengertian kelompok sebagai beberapa orang yang bergaul satu dengan yang lain.

2. Kurt Lewin berpendapat bahwa:

The essence of a group is not the similarity or dissimilarity of its members but their interdependence.

3. H. Smith menguraikan:

4. “Kelompok adalah suatu unit yang terdapat beberapa individu, yang mempunyai kemampuan untuk berbuat dengan kesatuannya dengan cara dan atas dasar kesatuan persepsi.”









Sumber: Santoso S. (2004). Dinamika kelompok (Rev. ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara. (Hal 5-7)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer