ALIRAN TOKSIKAN DALAM TUBUH DAN LINGKUNGAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 23 Oktober 2017

ALIRAN TOKSIKAN DALAM TUBUH DAN LINGKUNGAN

Kumpulan MateriSebelum bahan toksikan masuk ke dalam makhluk hidup, terlebih dahulu perlu diketahui bagaimana nasib dan aliran bahan toksikan tersebut dalam lingkungan. Bahan kimia yang toksik dapat dihasilkan oleh suatu kegiatan termasuk industri. Bahan toksik tersebut dapat digunakan namun dalam jumlah yang terbatas serta dilakukan recycling untuk merubah yang bersifat toksik menjadi non toksik. Sebagaimana bahan kimia (toksikan) termasuk dengan pola emisi akan masuk ke dalam lingkungan. Selanjutnya toksikan masuk ke tropospher dan terus ke stratospher. Selain itu toksikan masuk ke dalam tanah, ke air bawah tanah, samudra dan terbenam di dalamnya. Pada waktu toksikan masuk ke air dan samugra, maka toksikan tersebut akan masuk ke dalam biota air yang nanti akan dikonsumsi oleh manusia dan biota air lainnya. Bahan toksik yang sudah berada di air tanah akan masuk ke dalam tanaman dan masuk pula ke tropospher, akhirnya dengan proses tertentu akan sampai pada manusia dan makhluk hidup lainnya.

Aliran Toksikan dalam Lingkungan

Berdasarkan gaya thermodynamics maka pergerakan toksikan dapat digambarkan seperti di bawah ini:



Aliran Toksikan ke dalam Tubuh

Setelah mengalami perjalanan panjang dalam lingkungan maka toksikan akhirnya secara umum akan masuk ke dalam tubuh manusia melalui jalur pencernaan (ingestion), pernapasan (inhalation) dan kontak dengan kulit (dermal). Namun secara khusus dengan rekayasa manusia sendiri, toksikan dapat pula masuk ke dalam tubuh dengan jalan intravenous, intraperitoneal, subcutaneous, dan intramuscular.

Secara garis besar proses perjalanan toksikan dapat diperikasa pada gambar di bawah ini:




Secara umumnya komponen bahan kimia (toksikan akan di distribusi ke dalam beberapa kompartemen termauk di distribusi ke dalam air, udara, tanah dan ke dalam biota. Proses distribus tersebut seperti tergambar di bawah ini:









Sumber: Mukono H. J. (2005). Toksikologi Lingkungan. Surabaya: Airlangga University Press. (Hal 12-15)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer